Senin, 16 Juli 2012

Filipina Tambah Penjaga Pantai

REUTERS
Seorang aktivis membakar bendera China dalam sebuah unjuk rasa di Manila pada 8 Mei 2012. Unjuk rasa itu menunutut pemerintah China mundur dari Scarborough Shoal, yang diklaim oleh China dan Filipina, di Laut China Selatan.


KOMPAS.com - Filipina bakal menambah 500 personel lagi untuk memperkuat pasukan penjaga pantai. Upaya ini, kata otoritas Filipina, untuk memenuhi tuntutan misi maritim. "Penambahan juga termasuk dalam misi SAR," kata pihak Filipina sebagaimana warta Xinhua pada Senin (16/7/2012).
Saat ini, untuk menjaga sekitar 7.000 pulau di wilayah Filipina, baru tersedia 6.000 personel penjaga pantai. "Angka ini tidak memadai," kata otoritas Filipina.
Sementara itu, terang Kementerian Luar Negeri Filipina, sudah ada kesepakatan dengan Jepang untuk penyediaan 12 kapal patroli. Fokus penjagaan pantai ada di perairan dekat Pulau Huangyan di Laut China Selatan sejak April hingga 15 Juni tahun ini.
Kewaspadaan pemerintah Filipina terkait dengan beda pendapat dengan China soal perbatasan perairan. Tambahan personel penjaga pantai itu, kemudian, akan makin mengaktifkan patroli dengan kapal maupun dengan perahu karet di perairan dimaksud.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar