Kamis, 19 Juli 2012

IMPARSIAL: PENGADAAN ALUTSISTA HARUS SESUAI DOKTRIN TNI

JAKARTA-(J-D-I) :Rencana pembdlian Main Battle Tank jenis Leopard 2A6 bukanlah prioritas dalam jangka menengah ini. Pengadaan kendaraan tempur tiu tidak menjadi agenda dalam postur pertahanan. 

“Pembelian Leopard tidak sesuai postur pertahanan Indonesia. Indonesia tidak butuh MBT, paling tidak dalam jangka menengah,” kata Direktur Eksekutif Imparsial Poengky Indarti di Jakarta, Rabu (18/7).

Menurutnya, kebutuhan Indonesia saat ini justru pada tank ringan dan antitank. Selain itu, penguatan matra Laut dan Udara mutlak diperlukan. Apalagi ketegangan atas konflik Laut China Selatan memengaruhi stabilitas kawasan di sekitarnya termasuk Indonesia.

Ia mengingatkan, doktrin dan strategi pertahanan Indonesia tak mengenal konsep MBT. Pembelian alutsista harus sesuai doktrin dan strategi TNI. "Kalau ini tak terjadi, artinya pengadaan alutsista dilakukan tanpa perencanaan jelas,” kata Poengky. 

Pembelian tank Leopard tidak akan memberi efek gentar negara tetangga. “Kalau punya kapal selam dan pasukan udara yang kuat, mereka baru gentar,” kata Poengky.


Sumber : Jurnas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar