Selasa, 17 Juli 2012

Kapal Perang Tembak Kapal Motor di UAE

ShutterstockIlustrasi

WASHINGTON, Jihad-Defence-Indonesia — Sebuah kapal pengisi bahan bakar Angkatan Laut AS melepaskan tembakan ke sebuah kapal motor kecil di lepas pantai Uni Emirat Arab (UAE), Senin (16/7/2012), setelah kapal itu mengabaikan peringatan agar tidak mendekatinya, kata sejumlah pejabat.
Seorang pejabat pertahanan AS yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan kepada AFP, seorang tewas dan tiga lain cedera dalam penembakan itu.
Tidak ada penjelasan resmi lebih lanjut mengenai insiden itu, termasuk korban dalam penembakan tersebut. Seorang pejabat pertahanan AS yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan, kapal itu diyakini melaju menjauhkan diri setelah penembakan tersebut.
Seorang juru bicara Komando Pusat Angkatan Laut AS menolak berkomentar mengenai korban dan menyerahkan masalah itu kepada pihak berwenang di UAE. Para pejabat di negara itu tidak bisa dihubungi untuk diminta keterangan mereka.
Kapal motor itu mengabaikan serangkaian peringatan agar berhenti ketika bergerak mendekati kapal AS Rappahannock di perairan dekat pelabuhan Jebel Ali, UAE, kata Komando Pusat Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.
"Awak kapal AS berulang kali berusaha memperingatkan operator kapal itu agar tidak mendekat," katanya, dengan menambahkan bahwa insiden itu kini masih diselidiki.
Angkatan Laut AS memperkuat pasukan di kawasan kaya minyak itu sejak terjadi ketegangan dengan Iran pada Desember menyangkut program nuklirnya, dan Teheran telah mengancam menutup Selat Hormuz yang strategis di Teluk selatan.
AS menempatkan dua kapal induk pesawat di kawasan itu—USS Abraham Lincoln dan USS Enterprise—dan melipatgandakan armada penyapu ranjau di daerah tersebut dari empat menjadi delapan kapal pada 23 Juni.
Penempatan itu bertujuan mengirim pesan tegas kepada Iran menyangkut ancamannya untuk meranjau Selat Hormuz, yang dilewati oleh sekitar seperlima kapal minyak dagang dunia.

Sumber :
ANT, AFP, REUTERS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar