Selasa, 20 November 2012

WARGA ISRAEL DILARANG "BERSUARA" LOKASI RUDAL HAMAS

Israel terus menggempur Jalur Gaza, selama empat hari terakhir sudah 40 orang warga Palestina yang tewas dan 350 lainnya terluka.
Jihad-Defence-Indonesia : Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dilaporkan mengimbau warganya untuk tidak menyiarkantweet, update Facebook, atau foto-foto Instagram terkait serangan rudal Hamas ke negeri Yahudi itu. 

Warga terutama blogger dilarang menyiarkan, terutama secara real time informasi lokasi jatuhnya rudal Hamas tersebut.

Alasannya, pihak Hamas bisa mengidentifikasi zona-zona sensitif milik militer Israel melalui informasi berita dan mengintip isi metadata yang dilampirkan.

Dengan mengetahui di mana rudal yang diluncurkan mendarat, militer Hamas dikhawatirkan bisa mengetahui apabila serangan mereka telah mengenai sasaran atau tidak. 

Jika roket ternyata meleset, maka kalkulasi ulang dapat dilakukan dengan mengacu pada informasi yang turut disertakan, seperti koordinat GPS (geotagging) yang kerap disertakan ke dalam update status via Twitter atau Facebook. 

Perang Cyber


IDF sendiri gencar melakukan kampanye digital, antara lain lewat blog dan twitter yang menyajikan update perkembangan konflik di Gaza dalam "Operasi Pilar Pertahanan", menurut sudut pandang Israel.

Blog IDF dikritik karena memberikan ranking seperti sistem badge pada Foursquare untuk pembaca yang menulis tweet dan sharing berita dari blog itu. IDF berkilah dengan mengatakan bahwa fitur itu sudah muncul sejak empat bulan lalu, sebelum mulainya konfilk baru di Gaza.

Di ranah internet, agresi militer Israel ke wilayah Gaza menuai kecaman dari sejumlah pihak. Beberapa hari yang lalu, kelompok hacker Anonymous menyatakan telah menyerang ratusan situs Israel, termasuk milik pemerintah, karena bersimpati dengan penderitaan rakyat Palestina di Gaza. 

Enam hari setelah dimulainya konflik Gaza, Senin (19/11/2012) kemarin, serangan  Israel dikabarkan telah memakan korban tewas 86 orang. Serangan terbaru pada hari itu membunuh 13 warga Palestina, termasuk seorang anak.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar