Kamis, 14 Maret 2013

KEMENTERIAN PERTAHANAN RI GELAR JIDD BAHAS KONDISI PERTAHANAN DUNIA

Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia berencana akan menggelar Jakarta Internasional Defence Dialogue (JIDD) pada 20 hingga 21 Maret 2013. Pertemuan internasional ini dimaksudkan sebagai upaya kerjasama antarnegara dalam menghadapi ancaman pertahanan internasional di era globalisasi.

"JIDD merupakan forum bagi negara-negara kawasan Asia Pasifik maupun di luar itu untuk saling berbagi gagasan terutama menyangkut bidang pertahanan," ujar Steering Committee JIDD 2013 Eris Herryanto dalam konferensi pers di Gedung Kemenhan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (14/3).

Eris mengatakan, Kemenhan RI merasa perlu menyelenggarakan forum ini mengingat ancaman pertahanan masing-masing negara tidak bersifat sporadis dan hanya menyangkut negara tertentu saja. "Di zaman globalisasi ini, semua permasalahan pertahanan bersifat transnasional. Sehingga kita merasa perlu memiliki forum untuk membicarakan masalah-masalah ini," kata dia.

Selanjutnya, Eris menerangkan, meskipun masing-masing negara memiliki alat untuk mempertahankan keamanan yakni pertahanan. Namun demikian, permasalahan keamanan nasional tidak dapat teratasi jika hanya mengandalkan pertahanan.

"Dibutuhkan diplomasi agar masalah-masalah pertahanan dapat teratasi," ucap Eris.

Atas dasar itu, terang Eris, JIDD kali ini memiliki perbedaan dengan sebelumnya yang lebih banyak menekankan pada aspek pertahanan. JIDD tahun ini akan lebih banyak menekankan pada aspek dialog dalam upaya pertahanan di masing-masing negara.

"Diharapkan, dari JIDD nanti muncul gagasan bersama mengenai lingkungan yang dapat dijadikan sebuah tatanan wilayah yang damai, berkarakterkan kerjasama, transparansi, dan kepercayaan di antara institusi pemerintah maupun militer antarnegara," pungkas dia.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar