Jumat, 08 Maret 2013

PEMERINTAH SURIAH BERI DUKUNGAN PADA OPOSISI TURKI


Presiden Assad temui anggota Parlemen Turki (Foto: Reuters)
Presiden Assad temui anggota Parlemen Turki (Foto: Reuters)


Jihad-Defence-Indonesia - DAMASKUS :  Prinsip “musuh dari musuh saya adalah sahabat saya” nampaknya dijalankan oleh Presiden Bashar al-Assad. Sikap Pemerintah Turki yang mendukung oposisi Suriah dibalas Assad dengan mendukung oposisi Turki yang anti terhadap Perdana Menteri Reccep Tayip Erdogan.

Hubungan antara Assad dan Erdogan memang memburuk sejak dimulainya konflik Suriah dua tahun yang lalu. Erdogan mengecam aksi kekerasan Pemerintah Suriah selama konflik, namun Assad berdalih yang ia lawan dalam konflik adalah kelompok teroris yang ingin menggangu stabilitas negaranya.

“Suriah mendukung oposisi di Turki yang menentang kebijakan Erdogan yang memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Sikap Erdogan sama sekali tidak mendukung terciptanya masyarakat yang toleran,” ujar Assad saat bertemu dengan delegasi oposisi Turki yang berkunjung ke Suriah.

“Kita harus memisahkan posisi rakyat Turki yang menginginkan stabilitas kawasan dengan posisi Erdogan yang mendukung aksi teror dan kekerasan,” lanjut Assad, seperti dikutip AFP, Kamis (7/3/2013).

Erdogan mengecam aksi kelompok oposisi di negaranya yang memberikan dukungan kepada Assad. Erdogan menganggap kelompok oposisi itu sedang berhubungan dengan seorang pelaku genosida.

“Kenapa pihak oposisi bertemu dengan Assad? Dia adalah seorang dikatator seorang tiran, apa tujuan dari kelompok oposisi melakukan itu?" Cecar Erdogan dalam sebuah wawancara televisi.

“Turki kini menampung 250 ribu warga Suriah, sedangkan Assad justru melakukan genosida terhadap rakyatnya sendiri,” tambah Erdogan.

Assad kini memang sedang berusaha untuk memperbaiki citranya di dunia internasional. Selama ini dia bersikukuh bahwa yang sedang dia lawan di Suriah adalah kelompok teoris yang memiliki hubungan dengan Al-Qaeda.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar