Jumat, 10 Mei 2013

KOREA UTARA: JEPANG BERMABISI BANGUN BOM NUKLIR


Foto : Jepang siagakan Misil Patriot PAC-3 (Reuters)
Foto : Jepang siagakan Rudal Patriot PAC-3 (Reuters)

Jihad-Defence-Indonesia - PYONGYANG : Korea Utara (Korut) mengecam keputusan Jepang membeli bahan bakar nuklir dari Prancis. Menurut Korut, Jepang berambisi membangun senjata nuklir.

Tepat pada April lalu, perusahaan Kansai Electric Power Co. milik Jepang telah membeli bahan bakar oksida campuran (MOX) dari Prancis. Jepang mengatakan, bahan bakar itu akan digunakan untuk reaktor nuklir di Takahama, Tokyo. 

Pada dasarnya, bahan bakar MOX adalah bahan bakar nuklir yang berasal dari campuran plutonium dan uranium alami. Oleh karena itu Korut beranggapan, Jepang sedang mempercepat proses pengayaan uranium untuk senjata nuklir.

"Jepang membeli plutonium dengan jumlah yang banyak untuk memperkuat nuklirnya. Pembelian bahan bakar nuklir itu tidak hanya ditujukan untuk kebutuhan listrik," ujar Pemerintah Korut, dalam Suratkabar Rodong Shimun, Rabu (8/5/2013).

"Jepang sudah memiliki kemampuan untuk membangun senjata nuklir. Cadangan plutonium milik Jepang sangat cukup untuk menciptakan 5 ribu unit bom nuklir, seperti yang dijatuhkan Amerika Serikat di Nagasaki," imbuhnya.

Pembelian bahan bakar nuklir MOX yang baru saja dilakukan Jepang, merupakan pembelian pertama setelah Jepang dilanda bencana nuklir pada Mei 2011. Sampai saat ini, perusahaan Kansai Electric hanya mengoperasikan reaktor di Takahama.

Negeri Sakura sebelumnya sempat mempertimbangkan usulan penghentian poliferasi energi nuklir setelah mereka didera bencana maut dua tahun yang lalu. Namun energi nuklir tampaknya masih sangat dibutuhkan untuk sejumlah berbagai keperluan. 


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar