Kamis, 31 Januari 2013

ANGKATAN LAUT CHINA LATIHAN PERANG DI WILAYAH SENGKETA



Jihad-Defence-Indonesia - BEIJING : Tiga kapal perang China dilaporkan menuju kawasan Samudera Pasifik untuk melakukan latihan militer. Pemerintah China menyebutkan kapal perang tersebut akan melewati wilayah Laut China Timur dan Laut China Selatan yang sedang dipersengketakan China dengan negara lain.

“Armada kapal tersebut akan melakukan setidaknya 20 macam latihan. Di antaranya latihan konfrontasi dan pertempuran untuk melindungi kedaulatan wilayah laut China,” sebut pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan China, seperti dikutip Reuters, Kamis (31/1/2013).

“Latihan ini akan dilakukan di wilayah Laut Kuning, Laut China Timur, Laut China Selatan, dan laut di sekitar Taiwan,” lanjut pernyataan tersebut.

China menyatakan, latihan militer tersebut merupakan program rutin yang dilakukan oleh Angkatan Lautnya. Namun sebagian pihak menduga latihan tersebut berkaitan dengan sengketa laut yang dimiliki oleh China dengan negara tetangganya.

China dijetahui memiliki sengketa dengan beberapa negara Asia Tenggara di wilayah Laut China Selatan. Selain itu China juga bersengketa dengan Jepang atas Kepulauan Senkaku yang berada di wilayah Laut China Timur.

Perekonomian China yang terus berkembang turut  memiliki andil dalan peningkatan anggaran militer Negara Tirai Bambu itu. Berlimpahnya dana membuat China dapat mengembangkan teknologi militer yang dimilikinya. Tahun lalu China berhasil membuat kapal induknya sendiri, saat ini pun China sedang mengembangkan sebuah pesawat siluman.

Perkembangan tersebut pun membuat negara-negara yang berada di kawasan menjadi khawatir akan ancaman China. Namun China menegaskan pihaknya tidak memiliki motivasi untuk melakukan ekspansi, negara komunis itu menyebutkan perkembangan militernya hanya bertujuan untuk meregenerasi alat militernya yang telah menua.
Sumber : KLIK DISINI

IRAN MODERNISASI PENGAYAAN URANIUM



Jihad-Defence-Indonesia - TEHRAN : Iran mengaku telah mengungkapkan rencananya kepada International Atomic Energy Agency (IAEA) untuk menggunakan lebih banyak uranium sentrifugal di kawasan Natanz. Jika rencana itu terwujud, mereka memiliki kesempatan meningkatkan aktivitas pengayaan uraniumnya. Seorang diplomat dari suatu negara Barat, yang tidak mau ditulis namanya, mengatakan, Kamis (31/1), rencana Iran itu disampaikan kepada IAEA pada 23 Januari lalu. 

Rencana Iran itu dipastikan membuat upaya diplomasi penyelesaian masalah program nuklir Iran semakin berlarut-larut. Bukan hanya itu, rencana Iran itu secara tidak langsung juga menunjukkan pembangkangan terhadap komunitas internasional. Sebab rencana Iran itu diungkapkan di tengah-tengah tingginya kekhawatiran negara-negara Barat dan Israel terhadap program nuklir Iran, yang mereka yakini ditujukan untuk tujuan militer. 

Namun, Iran berkeras hal itu untuk tujuan damai. Seorang anggota komunikasi di IAEA, yang juga keberatan ditulis namanya, membenarkan rencana Iran tersebut. Dia mengatakan bahwa dalam surat ke IAEA disebutkan bahwa Iran berencana menggunakan sentrifugal baru yang disebut IR2m. 

IR2m adalah sebuah unit yang akan ditanam di kawasan Natanz, Provinsi Isfahan, Iran, untuk pengayaan uranium supaya konsentrasi uranium naik sampai 5 persen. "Sekretariat IAEA menerima sepucuk surat dari Atomic Energy Organization of Iran (AEOI) yang menginformasikan bahwa AEOI akan menggunakan IR2m pada unit A-22 di kawasan pengayaan uranium di Natanz," kata anggota komunikasi tersebut, Kamis (31/1). 

Iran saat ini sedang dihadapkan pada tuntutan dunia internasional agar menghentikan seluruh aktivitas pengayaan uraniumnya. Akan tetapi, Iran tidak menggubris permintaan itu sekalipun Dewan Keamanan PBB mengancam akan menjatuhkan sanksi lebih berat kepada Iran.
Sumber : KLIK DISINI

FILIPINA INGIN AKUSISI 12 JET TEMPUR FA-50 GOLDEN EAGLE KORSEL


Jihad-Defence-Indonesia - MANILA  : Filipina akan membeli 12 jet tempur FA-50 Golden Eagle Korea Selatan untuk memperkuat militernya. Demikian dikatakan juru bicara pemerintah, Rabu (30/1), di tengah-tengah peningkatan ketegangan laut dengan China. Pesawat FA-50 itu akan merupakan jet tempur pertama yang digunakan Angkatan Udara Filipina sejak pesawat tempur F-5 buatan Amerika Serikat tidak digunakan lagi. 

Demikian dijelaskan Juru Bicara Presiden Benigno Aquino, Edwin Lacierda. "Kami tidak memiliki jet tempur sekarang yang dapat digunakan. Karena itu, kami perlu meningkatkan kemampuan udara. Ini bagian dari proses memodernisasi perangkat keras militer kami," kata dia kepada wartawan. 

Lacierda mengatakan jet-jet itu akan digunakan untuk pelatihan, pencegatan, dan penanggulangan bencana, dan akan menggunakan kamera udara untuk menyurvei daerah-daerah. Ia menegaskan pembelian yang direncanakan itu tidak ditujukan terhadap satu negara kendatipun keteganganketegangan baru dengan China menyangkut saling klaim wilayah maritim di Laut China Selatan.
Sumber : KLIK DISINI

PANSER INOBATT DI LEBANON DIHADANG MASSA

Panser Indobatt di Lebanon Dihadang Massa


Jihad-Defence-Indonesia - Lebanon : Dua Kendaraan Panser jenis VAB (Ranpur) yang diawaki dari personel Kompi Delta dalam melaksanakan tugas patroli mendapati suatu permasalahan. Sekelompok massa yang tiba-tiba datang menghadang laju ranpur tersebut meminta para awak Ranpur bisa keluar dari ranpur tersebut, Kamis (31/1). 
Sertu Nelson yang menjabat sebagai Komandan Regu (Danru) pada saat itu berusaha keluar dan bernegosiasi terhadap sekelompok masyarakat tersebut, namun situasi semakin tidak memungkinkan dan segera Danru melaporkan kejadian tersebut kepada piket Kompi Delta untuk dapat ditindak lanjuti oleh Satuan Atas. 
Rangkaian skenario tersebut merupakan materi latihan yang dibuat oleh Komandan Kompi Delta (Danki-D) Kapten (Mar) Harmoko pada saat melatihkan materi S.T.I.R (Standarised Tactical Incident Report) terhadap personilnya.  
Menurut Danki Delta, materi tersebut sengaja dilatihkan agar jajarannya memahami tahapan-tahapan jika terjadi suatu permasalahan di lapangan sehingga apa yang dilakukan personilnya jika terjadi hambatan tidak menyalahi prosedur yang sudah ditentukan. 
Sementara itu, Dansatgas Indobatt XXIII-G/UNIFIL Mayor Inf Lucky Avianto yang memantau latihan tersebut menilai kegiatan latihan ini sangat positif, Dansatgas juga menyampaikan walaupun kita tidak menginginkan kejadian seperti skenario diatas namun apa yang dilakukan oleh Kompi Delta patut ditiru, untuk itu Dansatgas menghimbau agar kita tidak terlena dengan situasi yang masih dalam keadaan tenang ini karena tidak menutup kemungkinan dinamika diluar dapat meningkat sewaktu-waktu yang menuntut kita siap dalam keadaan apapun.
Sumber : KLIK DISINI

TNI-AL PERKETAT PENGAMANAN PERAIRAN NATUNA



Jihad-Defence-Indonesia - JAKARTA : Sesuai instruksi Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono, TNI AL akan memperketat pengamanan di Laut Natuna. Pengamanan di perairan Natuna merupakan penguatan untuk mengatasi konflik yang semakin meningkat di Laut China Selatan. "Eskalasi di Laut China Selatan dan Laut Sulawesi meningkat," kata Kepala Staf TNI AL (Kasal), Laksamana Madya Marsetio, di sela-sela Rapat Pimpinan TNI AL di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta, Kamis (31/1). 

Untuk pengamanan di perairan Natuna, TNI AL bahkan meminta Armada RI Kawasan Barat mengalihkan pengawasan dari Selat Malaka ke Natuna. Natuna merupakan perairan yang sangat dekat dengan Laut China Selatan sehingga potensi konfliknya semakin besar. 

Menurut Kasal, mengingat sangat pentingnya pengamanan di perbatasan Laut China Selatan, Rapim TNI AL menghadirkan Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, Kementerian Luar Negeri, Linggawati Hakim. "Beliau banyak berbicara tentang diplomasi perbatasan," ujar dia. 

TNI AL juga mengundang Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Triyono Budi Sasongko. Triyono banyak berbicara mengenai pengelolaan wilayah perbatasan. Marsetio mengatakan kehadiran perwakilan dari perwakilan Kemlu dan BNPP itu sangat diperlukan untuk menyatukan pengetahuan para perwira mengenai perkembangan di perbatasan, khususnya di Laut China Selatan dan Blok Ambalat. 

Sebelumnya, Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono, menyatakan semenjak China mengklaim sembilan titik daerah penangkapan ikan tradisional di sekitar Laut China Selatan, TNI bersiaga. "Kita perlu hati-hati menyikapi klaim tersebut. Jangan sampai berubah menjadi klaim wilayah," jelas Agus. 

Indonesia sebenarnya sudah melayangkan nota protes ke Pemerintah China soal klaim tersebut, namun belum ada tanggapan. Akan tetapi, Agus menyatakan, hingga kini, patroli TNI di kawasan itu belum menemukan kembali kapal China yang menangkap ikan di perairan Natuna. Meski begitu, pemerintah tetap berkomitmen membangun sistem pertahanan di Laut Natuna. 

"Kita akan memperkuat TNI AL, TNI AD, dan TNI AU di sana," ujar dia. Di sisi ekonomi, pemerintah juga membangun fasilitas perikanan di sana bekerja sama dengan negara ASEAN lain. 
Sumber : KLIK DISINI

NRC TERGANTUNG KEMENHAN RI

http://3.bp.blogspot.com/-nSJWooHi4RI/UPoix2TdMwI/AAAAAAAAVlU/vvMMTMmMU4I/s1600/nakhoda_ragam_class.jpg

Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Sejumlah kapal perang baru yang fokus pada pengawasan laut perbatasan dan pemekaran organisasi menjadi pembahasan dalam rapat pimpinan TNI Angkatan Laut di Jakarta, Kamis-Jumat (31/1-1/2).

Kepala Staf TNI AL Laksamana (TNI) Marsetio dalam jumpa pers di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, menjelaskan, sejumlah kapal baru akan melengkapi TNI AL hingga 2014. “Kapal selam akan beroperasi lima unit. Sebanyak tiga unit baru dibuat dengan kerja sama Korea Selatan. Pembuatan kapal ketiga dibangun sepenuhnya di PT PAL Surabaya,” kata Marsetio.

Untuk kapal perusak kawal rudal (PKR) dari Damen Schelde Belanda, lanjutnya, memasuki kontrak pembelian unit kedua.

“Pada pembelian kedua akan dilengkapi peluncur torpedo, ruang kendali tempur, dan cupola senjata permukaan yang sebelumnya tidak diberikan dalam pembelian kontrak pertama. Pembangunan PKR juga melibatkan PT PAL Surabaya,” ujar Marsetio.

Pada Desember 2012, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsekal Madya (TNI) Eris Heryanto mengatakan, sebanyak 250 teknisi PT PAL dikirim ke Belanda untuk ikut dalam pembangunan kapal PKR.

Rencana pembelian tiga light frigate eks kapal kelas Nakhoda Ragam Angkatan Laut Brunei dinilai tidak bermasalah. Menurut Marsetio, perlengkapan yang dinilai kurang akan dilengkapi BAe Inggris dan sekarang keputusan ada di tangan Kementerian Pertahanan.

Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Aljazair batal membeli light frigate itu karena ada kendala teknis, seperti sudah tutupnya perusahaan yang menjadi penyedia sarana kendali tempur.

Namun, Poengky Indarti dari Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Pembelian Senjata TNI mengkritisi rencana pembelian kapal PKR kedua dari Belanda. “Beli kapal rudal kok tanpa rudal. Pembelian senilai 220 juta dollar AS itu tidak dilengkapi senjata utama, yakni peluru kendali. Kita masih harus membayar 75 juta dollar AS untuk melengkapi rudal bagi kapal tersebut,” kata Poengky. 

Sumber : KLIK DISINI

PESAWAT TEMPUR TUA F-5 TIGER TNI-AU TERBANG KEMBALI















Jihad-Defence-Indonesia - Madiun : Setelah 10 bulan, menjalani perawatan akhirnya pesawat tempur F-5 Tiger II Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi dapat terbang kembali. Pesawat ini sempat digrounded sejak tahun 2012 lalu.

F-5 Tiger merupakan pesawat yang tergolong tua. Si Macan ini mulai memperkuat TNI AU sejak tahun 1980. Jika dihitung, pesawat produksi Northrop Co, Amerika Serikat ini sudah 30 tahun menjaga udara RI.

Pesawat dinyatakan layak terbang setelah menjalani tes flight oleh Komandan Skadron Udara 14 Mayor Pnb M Nurdin, Kamis (31/1). Demikian keterangan pers dari Pentak Lanud Iswahjudi.

Hal tersebut sangat membanggakan terutama bagi para teknisi, sehingga pesawat tempur F-5 dapat bergabung dengan temannya pesawat tempur F-16 Fihting Falcon dan Hawk MK-53, dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Tes flight dilaksanakan langsung oleh Komandan Skadron Udara 14 Mayor Pnb M. Nurdin bersama Mayor Pnb Reza Muryadi, di aero drom Lanud Iswahjudi dan dipantau langsung oleh Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Yuyu Sutisna.

Tes flight merupakan tes terbang bagi pesawat terbang setelah menjalani perawatan atau perbaikan karena mengalami kerusakan, sedangkan bagi penerbang yang melaksanakan tes flight adalah penerbang yang telah mendapatkan sertifikasi tes flight.
Sumber : KLIK DISINI

KASAK-KUSUK DI RAPIM TNI 2013

Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Rapat Pimpinan TNI tahun 2013 baru saja usai, dan dilanjutkan dengan Rapat Pimpinan masing-masing Angkatan. Pada ajang rapat kali ini kembali ditampilkan berbagai alutsista kreasi anak bangsa. Total sebanyak 38 perusahaan dan Instansi memamerkan inovasi dan karya mereka. Apa saja kah yang menarik? simak hasil kasak-kusuk ARC berikut ini.




Di lapangan, terlihat panser, kendaraan taktis, perahu karet dan lain sebagainya. Salah satu yang menarik perhatian ARC adalah booth milik Boogie. Menarik karena tampaknya Boogie yang dikenal sebagai produsen peralatan mendaki tampaknya berupaya merambah ranah militer. Sesuai dengan kemampuannya, Boogie memamerkan perahu karet. Selain perahu karet biasa, Boogie juga berinovasi menelurkan Katamaran tempur dan Kano.


Katamaran tempur ini menurut klaim boogie bahkan mampu mengangkut Rantis sekelas Land Rover untuk mengarungi sungai. Sementara, Kano tempur produksi boogie tampak cocok bagi operasi penyusupan pasukan khusus di sungai-sungai. Khusus perahu karet, Boogie juga berinovasi membuat perahu RIB yang sudah dilengkapi tangga. Dengan demikian proses penyusupan pasukan khusus ke kapal sasaran bisa lebih cepat. Selain itu, Boogie juga berinovasi mencipatkan Inflatable Tent yang bisa dibongkar pasang dengan cepat.




Beralih ke seberang booth Boogie, tampak langganan utama pameran senjata Indonesia, yaitu PINDAD. Selain membawa panser Komodo dan Anoa2, disini Pindad memamerkan berbagai jenis bom produksi mereka. Selain diluar ruangan, didalam tenda pameran, PINDAD juga memiliki booth yang memamerkan persenjataan produksi mereka.

Disebelah Booth Pindad, terdapat tenda pameran milik DISLITBANG TNI-AD. Disilitbang memamerkan sekaligus 2 buah kendaraan taktis yang diduga merupakan pengembangan dari GARDA. Satu merupakan versi angkutan, satunya lagi versi komando. Kendaraan tempur ini bahkan sempat melakukan test drive di sekitaran lapangan pameran. Namun, sayangnya berbeda dengan KOMODO, body kendaraan ini belum lapis baja. Selain kendaraan tempur, Dislitbang TNI-AD juga memamerkan UAV hasil penelitian mereka.




Masuk ke dalam tenda pameran, tampak berbagai instansi memamerkan produk mereka. Agak sukar bagi ARC mencari informasi satu persatu mengenai produk mereka. Karenanya untuk mencari informasi, ARC bergerak berdasarkan insting atau panggilan SPG manis saja.

Dari booth PT.Dok Kodja Bahari, ARC mendapat banyak informasi mengenai perkembangan produk mereka. Seperti kita ketahui, kementrian pertahanan memesan sejumlah alutsista dari sini. Diantaranya adalah 3 buah LST, Kapal BCM (bantu cair minyak) serta LCU. Menurut Direktur Utama  Riry Syeried Jetta serta staffnya, semua pesanan kapal dari kemhan berjalan lebih cepat dari yang diproyeksikan. Untuk LST misalnya, pengerjaannya kini telah mencapai lebih dari 30%. Sementara, untuk kapal BCM, malah lebih cepat lagi. Diperkirakan, pada bulan maret ini kapal BCM tersebut sudah bisa diluncurkan.

Puas dengan keterangan dari PT.DKB, ARC beranjak menuju booth PT.CMI. PT.CMI ini menarik perhatian ARC, karena adanya pemberitaan tentang kerjasama dengan Lockheed Martin. Dan memang benar, menurut staff yang menjaga booth ini, PT.CMI ke depannya akan bekerja sama dengan Lockheed Martin. Selain radar surveilance, PT.CMI juga mengaku kebagian pekerjaan memasangkan radar APG-68 pada F-16 Blok 15 TNI-AU, menggantikan radar lawas APG-66. Selain itu, PT.CMI juga telah berhasil mengupgrade radar milik F-5 TNI-AU.


Tak jauh dari PT.CMI terdapat PT.T&E SOLUTION. Booth mereka sangat menarik karena menampilkan berbagai simulator. Diantaranya simulator Tank Scorpion dan Jet tempur Hawk 200. Untuk simulator tank scorpion, PT.T&E SOLUTION hanya membawa simulator pengemudi. Namun menurut mereka, aslinya simulator ini bisa bergerak dan mempunyai simulator untuk Gunner atau penembak tank. Mereka juga mengklaim telah mendapat kontrak pembuatan simulator Scorpion dan AMX-13. Ke depannya,PT.T&E SOLUTION mengaku akan membuat simulator tank Leopard 2.

 Sementara untuk simulator Hawk, PT.T&E SOLUTION juga mengaku telah mampu membuat full spekturm simulator, alias bisa bergerak seperti layaknya simulator sungguhan. Mereka juga menyatakan telah mengupgrade simulator Hawk milik TNI-AU serta upgrade simulator Nbell-412 milik Penerbad.


Lalu ARC melangkahkan kaki ke PT.PALINDO. Disini tampak PT.PALINDO berbangga hati dengan KCR produksi mereka. Selain itu, mereka juga tampak memamerkan Catamaran yang diproyeksikan untuk BASARNAS.


Demikian sedikit informasi yang bisa didapat ARC. Jujur saja, untuk menyerap semua informasi dari sebuah pameran tidak cukup hanya dengan satu hari berkeliling. Semoga di lain waktu, ARC bisa kembali menampilkan informasi terkini dari produsen dalam negeri.

Sumber : KLIK DISINI

WAKIL KSAD DIMUTASI UNTUK AWASI PEMBELIAN ALUTSISTA


KSAD PRAMONO EDHIE WIBOWO
Jihad-Defence-Indonesia - JAKARTA : KSAD Jenderal Pramono Edhie Prabowo mengungkap alasan mutasi Wakil KSAD Letjen Budiman menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Budiman bakal menggantikan Marsdya Eris Erryanto yang ditarik sebagai perwira tinggi Mabes TNI.

Menurut Pramono, selain untuk menyempurnakan pengabdian institusi, juga diserahi mandat mengamankan pembelian alutsista. Selama ini, pihaknya menunjuk Budiman sebagai ketua delegasi tim Mabes TNI AD dalam setiap pembelian alutsista dari dalam negeri.

"Beliau berpindah itu strategi pengamanan pelaksaan pembelian alutsista. Apakah salah digeser ke Kemenhan?" tanya Pramono di Mabes TNI AD, Kamis (31/1).

Dia berjanji, setiap pembelian alutsista dapat dipertanggungjawabkan anggarannya. Dengan banyaknya anggaran seperti sekarang, kata dia, proses pembelian dapat diperpendek dengan harga murah, tapi berkualitas.

Kalaupun ada isu yang menuding perpindahan wakil KSAD lantaran dianggap bakal mengganggu kedudukannya, Pramono membantahnya. Ia balik menuduh ada pihak tertentu yang mencoba menyudutkannya lantaran dalam membelanjakan anggaran tidak lagi melalui perantara.

Karena itu, dia biasa saja menanggapi isu yang sepertinya sengaja dilempar para broker alutsista. "Itu broker senjata yang tidak mendapat proyek," tegas mantan danjen Kopassus itu.

Dengan pembelian alutsista besar-besaran itu, Pramono melanjutkan, negara tetangga yang dulu merendahkan kemampuan alutsista Indonesia menjadi terperangah. Mereka, kata dia, tidak lagi berani merendahkan kemampuan prajurit Indonesia yang sudah melakukan modernisasi senjata.

"Kalau mengikuti apa tanggapan negara sahabat, semua diluar dugaan mereka. Indonesia mulai diperhitungkan, tidak lagi diinjak-injak," katanya menegaskan.

Sumber : KLIK DISINI

JET TEMPUR ISRAEL BOMBARDIR SASARAN DI SURIAH

Jet tempur F16 milik Israel
Jet tempur F16 milik Israel                                                                                       (Reuters/Amir Cohen)

Sasaran serangan itu diduga truk pembawa senjata ke Lebanon


Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Jet-jet militer menggempur sasaran di wilayah Suriah, persisnya di dekat perbatasan Lebanon. Targetnya diduga adalah truk pembawa senjata. Suriah memastikan adanya serangan udara Israel di wilayahnya, namun menolak membenarkan dugaan target itu.  

Menurut kantor berita Reuters, pemerintah Suriah melalui stasiun televisi nasionalnya menuduh Israel mengebom gedung pusat penelitian militer di Kota Jamraya, yang dekat dengan perbatasan Lebanon, pada Rabu waktu setempat. Dua orang dikabarkan tewas dan lima cedera, ungkap BBC. Namun, kelompok pemberontak di Suriah mengklaim merekalah yang menyerang lokasi itu. 

Keterangan berbeda dilontarkan seorang diplomat Barat, yang mendapatkan informasi dari pihak lain. Dia mengatakan bahwa sasaran sebenarnya jet-jet tempur Israel adalah truk pembawa senjata.

"Truk itu bergerak dari Suriah menuju Lebanon," ujar seorang diplomat Barat, yang tidak bersedia diungkapkan namanya, kepada Reuters. Kendati belum bisa dipastikan, isi truk itu diduga rudal anti pesawat terbang atau roket jarak jauh. 

Sumber-sumber diplomatik dari tiga negara, kepada kantor berita yang sama, mengatakan bahwa senjata kimia diyakini disimpan Jamraya. Kemungkinan konvoi yang diserang jet Israel itu berada di dekat fasilitas militer Suriah, yang diklaim pemberontak menjadi sasaran penyerbuan mereka.  

Sementara itu belum ada komentar resmi dari Israel maupun Hisbullah, kelompok milisi berpengaruh yang berbasis di Lebanon. Stasiun televisi Al-Manar milik Hisbullah hanya mengabarkan bahwa jet-jet tempur Israel menjalankan "serangan main-main" atas wilayah selatan Lebanon pada Rabu malam waktu setempat di dekat perbatasan Suriah. 

Sumber keamanan Lebanon mengaku wilayahnya tidak diserang. Namun, militer setempat melaporkan jet-jet tempur Israel terlihat berseliweran di langit wilayah mereka sepanjang malam. 

Sebelum kabar serangan itu, pejabat militer Israel sudah menyatakan bahwa mereka siap mengerahkan armada jet dan helikopter tempur serta pesawat nirawak untuk melacarkan operasi militer. "Kampanye ini 24 jam 7 hari, 365 hari dalam setahun," kata Mayor Jenderal Amir Eshel Selasa kemarin.
"Kami beraksi untuk mengurangi ancaman yang mendesak, untuk menciptakan situasi yang lebih baik bagi kami dalam memenangkan perang, bila itu terjadi," lanjut dia.
Sumber : KLIK DISINI

SPR-550 ANTI-MATERIAL AND ANTI-PERSONIL MADE IN INDONESIA

Senapan Kaliber-50, Anti Materiel – Anti Personel

Nama : SPR-550
Asal : Indonesia
Amunisi : 12,7mm X 99mm (50 BMG)
Sistem operasi : Rotating Bolt Action - Manual
Isi magasin : 5 butir peluru

Jihad-Defence-Indonesia - BANDUNG : SPR-550, dengan desain minimalis & fungsional merupakan senjata laras panjang portable bullpup kaliber-50 dengan konsep perpaduan antara teknologi digital dengan mekanisme konvensional


(1). Teleskop Digital DT-550 :

DT-550 merupakan teleskop bawaan orisinil SPR-550,
Seperti halnya binokuler digital, DT-550 merupakan teleskop dengan penerapan rekayasa teknologi optik & digital bertenaga baterai, hanya saja pada DT-550 ini juga tertanam mikroprosesor dengan software & hardware yang disesuaikan khusus untuk keperluan bidik tembak jarak jauh.


Terdapatnya unit sensor yang berada dibawah corong lensa mengarah sejajar dengan arah pandang teleskop, berfungsi sebagai pemindai objek, yang kemudian data hasil pemindaian tersebut diolah oleh mikroprosesor untuk disajikan pada operator senjata berupa fitur & opsi, seperti : estimasi paralaks & jarak objek,kepekatan cahaya,dan sebagainya.
Dengan interface sederhana, kelebihan lain teleskop ini adalah opsi kalibrasi bidik nya yang menyediakan hingga 1/4-klik, juga termasuk fitur bidik lainnya seperti pilihan tipe Crosshair,Hyper-Zoom,InfraRedVission,NightVission, dan RedDotLaserPointer, semua dalam satu unit teleskop.


Konsep penerapan teknologi digital pada desain DT-550 ini dimaksudkan untuk mensuplai penuh kebutuhan operator senjata tembak jarak jauh tanpa harus terbatas dengan dimensi kemasan teleskop yang besar.

Fitur pada DT-550 ini belum mencakup Thermal Vission dan X-Ray.
Adapun kelemahan konsep teleskop digital ini adalah kemungkinan-besar nya untuk terdeteksi radar karena adanya aktifitas transistor yang walau hanya berasal dari aktifitas mikrokomponen, oleh karena itu DT-550 ini efektif digunakan hanya pada medan tertentu.

(2). Gagang Genggam Pangku (Front Handle) :


SPR-550 ini dilengkapi dengan FrontHandle yang didesain berupa tungkai berporos yang bisa dilipat & melekat pada bagian bawah shroud senjata.
FrontHandle ini dapat diaktifkan ataupun dilipat dengan pengokohnya berupa pin sebagai pengunci posisi pilihan, tergantung keperluan & kenyamanan operator dalam mengoperasikan senjatanya.



(3). Monopod :

Pada bagian popor SPR-550 ini terdapat penyangga tunggal (Monopod) berbahan dasar logam ringan & kuat, yang berfungsi menopang bagian belakang senjata. Difungsikan sesuai keperluan operator, biasanya apabila operator dalam posisi tembak runduk, ataupun hanya berfungsi sebagai penyangga apabila senjata sedang display.

(4). Bipod :


Selayaknya sepucuk senjata tembak jarak jauh, maka SPR-550 pun terlengkapi dengan Bipod ber-setelan ketinggian. Bipod pada SPR-550 ini juga berbahan dasar logam ringan & kuat.

Secara keseluruhan, material SPR-550 didominasi logam ringan & kuat, kecuali pada bagian-bagian primer tertentu mengingat SPR-550 ini mengusung amunisi kaliber-50 yang memiliki daya ledak yang cukup besar.


Konsep desain minimalis-fungsional serta penerapan material logam ringan & kuat tersebut berdampak pada penyusutan bobot senjata. 

Sumber Referensi : KLIK DISINI

SIAP HADAPI KONDISI TERBURUK,PASDARAN IRAN GELAR LATIHAN PERANG



Jihad-Defence-Indonesia - TEHERAN : Pasukan Garda Revolusi Islam Iran, (IRGC), menggelar latihan perang di Teluk Persia selama tiga hari. Manuver militer Pasdaran dengan sandi "Fath 91 (Kemenangan 91)" itu dimulai hari Rabu, 30 Januari.

Kantor berita Farsnews hari ini melaporkan, latihan perang IRGC ini digelar untuk menghadapi kondisi krisis dan ancaman berbahaya yang datang tiba-tiba.

Manuver militer kali ini juga untuk meningkatkan kordinasi antarangkatan bersenjata di lapangan dalam menghadapi kemungkinan serangan musuh.

Latihan perang "Fath 91" sekaligus menguji kemajuan teknis personil angkatan laut dari regu penyelam hingga tim penembak.

"Kekuatan akan dibagi dua kategori, bagian timur dan barat. Bagian pertama akan mulai diuji hari ini, " tutur Laksamana Bakhiarvand, Rabu (30/1).

"Pasdaran merancang latihan perang ini berdasarkan kondisi yang paling buruk," pungkasnya.

Sumber : hKLIK DISINI

JEPANG PASTIKAN PENGIRIMAN PASUKAN KHUSUS KE WILAYAH SENGKETA



Jihad-Defence-Indonesia - TOKYO : 
Media massa Jepang mengkonfirmasikan keputusan pemerintah Tokyo untuk menempatkan pasukan khusus dan penambahan peningkatan kontrol negara ini terhadap wilayah yang disengketakan dengan Cina. 

FNA mengutip Xinhua (30/1) melaporkan, media massa Jepang menyebutkan, penempatan pasukan khusus itu dalam rangka meningkatkan kontrol maritim terhadap wilayah yang dipersengketakan dengan Cina.

Pasukan penjaga pantai Jepang secara resmi mengkonfirmasikan pengerahan sebuah pasukan khusus yang terdiri dari 12 armada patroli bersama dengan 600 pasukan militer khusus untuk meningkatkan kontrol di wilayah perairan sengketa dengan Cina hingga tahun 2015.

Pasukan penjaga pantai Jepang juga meminta alokasi bujet untuk membeli 20 armada kapal dan 13 jet tempur dalam tahun anggaran 2013. Pemerintah Tokyo menyetujui permintaan tersebut.


Friksi Jepang dan Cina semakin meruncing setelah pemerintah Tokyo menyatakan akan membeli kepulauan yang disengketakan dengan Beijing itu dari pemiliknya untuk dinasionalisasi.

Kepulauan yang disengketakan kedua negara itu diberi nama Diaoyu oleh Cina dan Senkaku oleh Jepang. Kepulauan yang tertelak di timur Laut Cina itu akan memberikan keistimewaan bagi pemiliknya termasuk sumber energi dan zona penangkapan ikan yang luas.

Sumber : KLIK DISINI

SURVEI: MILITER INDONESIA DIANTARA YANG TERKORUP DI DUNIA, BENARKAH ?


Indonesia berada dalam ranking yang sama dengan Afghanistan, Irak, Uganda, Zimbabwe, dan Filipina.

Ilustrasi
Jihad-Defence-Indonesia - Inggris : Indonesia mendapatkan nilai jelek dalam indeks korupsi di sektor pertahanan (Government Defense Anti Corruption Index) yang dirilis oleh lembaga swadaya masyarakat asal Inggris, Transparency International.

TI memberikan Indonesia nilai E, dari skala A-F dimana A adalah nilai terbaik dan F adalah terburuk. Negara lain yang mendapat nilai E adalah Afghanistan, Irak, Uganda, Zimbabwe, dan Filipina. Negara yang mendapat F antara lain Libya, Mesir, Kamerun.

Hanya dua negara dari 82 negara yang disurvei yang mendapat nilai A, yaitu Jerman dan Australia. Negara adidaya Amerika Serikat mendapat nilai B. 

Dalam laporannya yang dilansir hari ini, TI menyebutkan bahwa sektor pertahanan Indonesia dikuasai oleh kartel partai politik melalui anggota dewan yang duduk di Komisi I DPR, yang mengawasi masalah pertahanan, komunikasi dan hubungan luar negeri.

Militer Indonesia juga disebut-sebut menjadi bekingan industri pertambangan dan kehutanan bahkan sampai terlibat dalam bisnis narkotika dan perjudian.

Transparansi dalam tubuh militer juga dikritik oleh TI. Menurut TI, tidak ada mekanisme pengawasan yang bisa mengawasi anggaran-anggaran “siluman”. 

Di dalam tubuh militer sendiri disinyalir budaya penyuapan, upeti, dan “asal bapak senang” masih kuat. Tidak ada mekanisme perlindungan terhadap whistle blower dan tidak ada pendidikan anti korupsi. Di samping itu, kedekatan personal atau faksional masih sangat berpengaruh dalam kenaikan jabatan di tingkat senior.

Meski pengadaan barang dan jasa dilakukan secara terbuka tetapi korupsi tetap terjadi. Hal ini karena tender dilakukan sendiri oleh angakatan bersenjata dan kementerian pertahanan. Pengawasan tender tersebut dilakukan oleh pemerintah seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Bank Indonesia, yang tidak sampai ke publik.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga dinilai belum berani menjamah korupsi di sektor pertahanan.
Sumber : KLIK DISINI

IRAN PRODUKSI MASSAL SISTEM RUDAL YA ZAHRA DAN MERSAD


Jihad-Defence-Indonesia - Teheran : Lini produksi dari sistem rudal jarak pendek baru "Ya Zahra" yang diproduksi dalam negeri Iran telah diresmikan. Selain itu, produksi massal sistem rudal Mersad telah dikirim ke Pangkalan Pertahanan Udara Khatam-ol-Anbiya (Khatamul Anbiya), Iran.

Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi yang menghadiri upacara peresmian tersebut, memberikan penjelasan kepada Press TV mengenai fitur baru sistem rudal pertahanan udara mobile (bergerak) Ya Zahra, dengan mengatakan, "Senjata ini memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, melacak, dan menghancurkan target udara, seperti berbagai jenis pesawat, helikopter, dan UAV (pesawat tak berawak) dalam jarak dekat."

Vahidi melanjutkan, sistem rudal Ya Zahra terhubung dengan jaringan terpadu pertahanan negara dan dapat digunakan di mana saja dan melaksanakan misinya secara efektif. Diproduksi oleh Organisasi Industri Pertahanan Iran (IDIO), Ya Zahra adalah sistem rudal jarak pendek yang dirancang untuk meningkatkan pertahanan Iran terhadap berbagai ancaman di ketinggian rendah.

Vahidi juga mengatakan bahwa sistem rudal Ya Zahra dapat terlibat dalam beberapa target sasaran dan menghancurkan mereka dengan cepat pada saat yang sama, serta mampu mendeteksi target secara otomatis.

Sistem rudal Mersad
Sistem rudal Mersad

Untuk fitur dari sistem rudal permukaan-ke-udara Mersad yang juga diproduksi di dalam negeri Iran, Vahidi mengatakan, sistem rudal Mersad adalah sistem pertahanan udara jarak menengah canggih dan efisien, yang dapat melaksanakan berbagai misi pertahanan terhadap berbagai jenis pesawat cepat, helikopter, UAV dan rudal jelajah.

"Sistem rudal Mersad mampu melaksanakan misi pada siang dan malam hari. Sistem rudal ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mengatasi ancaman perang elektronik," Vahidi melanjutkan.

Kedua sistem rudal (Ya Zahra dan Mersad) telah diuji coba dalam latihan pertahanan udara gabungan Angkatan Bersenjata Iran dan Korps Pengawal Revolusi Islam, dengan sandi Defenders of the Sky of Velayat 4 (Pengawal Langit Velayat 4), yang dilakukan di timur Iran pada November 2012 lalu. 
Sumber Referensi : KLIK DISINI

Rabu, 30 Januari 2013

PANGLIMA TNI: TUTUP RAPIM TNI 2013

Panglima TNI Tutup Rapim TNI 2013



Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., didampingi para Kepala Staf Angkatan menutup Rapat Pimpinan (Rapim) TNI tahun 2013, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Rabu (30/1). 
            Panglima TNI dalam amanatnya menekankan, kepada seluruh jajaran TNI, antara lain untuk melaksanakan program reformasi birokrasi di lingkungan TNI sesuai konsep yang telah ditetapkan, sejalan dengan tahapan yang diperhitungkan, dan secara konstitusional searah dengan semangat reformasi dan demokrasi, baik reformasi pada aspek doktrin, struktur, reformasi kultur dan mindset (pola pikir) dengan berpijak pada Trisula TNI, yaitu TNI sebagai kekuatan pertahanan NKRI, TNI sebagai kekuatan moral, dan TNI sebagai kekuatan kultural bangsa Indonesia.  
            Panglima TNI juga menekankan untuk melaksanakan pembangunan kekuatan TNI sesuai konsep kekuatan pokok Minimum Essential Force (MEF) secara konsisten dan berkesinambungan, dengan prioritas pada pemberdayaan industri pertahanan dalam negeri,  namun  tetap berpegang pada prinsip user oriented dan memenuhi operational requirement, yang ditetapkan oleh TNI sebagai pengguna.  Penetapan anggaran MEF adalah gambaran kemampuan dan batas kemampuan negara dalam merealisasi cetak biru pembangunan alutsista TNI, serta membangun manajemen personel secara profesional dan modern, guna menjamin pembinaan yang berkelanjutan, dan melaksanakan rekruitmen yang mengarah kepada  pemenuhan kompetensi, kuantitas dan kualitas, sesuai manajemen personel yang  profesional dan transparan, baik dalam rekruitmen prajurit TNI  maupun PNS TNI.  
            Selain itu, Panglima TNI juga menekankan untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan PNS TNI  beserta keluarganya melalui upaya-upaya yang cerdas dan kreatif sesuai aturan yang berlaku.  Selain itu, manfaatkan dan pelihara fasilitas perumahan prajurit yang telah disediakan oleh negara, yang diikuti dengan upaya pengawasan terhadap penggunaannya agar sesuai peruntukan, guna meningkatkan moril prajurit sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas.
             Sebelum menutup secara resmi Rapim TNI Tahun 2013, Panglima TNI memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 38 Pimpinan Perusahaan yang mengikuti pameran alat peralatan pertahanan selama Rapim berlangsung di Mabes TNI Cilangkap Jakarta.
Sumber : KLIK DISINI