Senin, 26 Maret 2012

AS: Roket Korut Bisa Berdampak ke Wilayah Indonesia


KIM JAE-HWAN / AFP
pejabat senior AS mengatakan, peluncuran roket Korea Utara bulan depan dikabarkan bakal berdampak di wilayah Indonesia

Jurnas.com
 | SEORANG pejabat senior AS memperingatkan, wilayah Australia, Indonesia, dan Filipina dapat terpengaruh roket Korea Utara yang akan diluncurkan bulan depan. Korea Utara sebelumnya mengatakan akan meluncurkan roket itu ke arah selatan, dan bukan ke timur seperti yang dikhawatirkan Jepang sebelumnya.

"Jika uji coba rudal Korea Utara terlaksana, kami menilai dampaknya kira-kira sampai ke wilayah di antara Australia, Indonesia dan Filipina," kata Asisten Menlu AS untuk Asia Timur dan Pasifik, Kurt Campbell, seperti dikutip HarianSydney Morning Herald, Sabtu (24/03).

Harian yang terbit di Australia ini menyebutkan, pesan bersifat pribadi itu disampaikan Campbell kepada Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr. "Kami meminta negara-negara itu mempertimbangkan kemungkinan terkena dampak itu," ujarnya.

Campbell kemudian meminta Indonesia, Australia, dan Filipina untuk mengutuk rencana Korut meluncurkan roket tersebut.

Korea Utara sendiri mengatakan roket itu diluncurkan untuk menempatkan satelit di angkasa. Namun, Amerika Serikat dan sekutunya meyakini peluncuran itu sebagai dalih uji coba senjata.

Pekan lalu, Pyongyang mengatakan, peluncuran itu dilakukan untuk memperingati 100 tahun kelahiran pemimpin besar mereka Kim Il-sung. Korea

Utara mengatakan akan mengundang para pakar asing maupun wartawan dalam peluncuran roketnya bulan depan.

Pengumuman itu menimbulkan kritikan bahwa peluncuran akan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Resolusi dijatuhkan setelah peluncuran yang serupa pada April 2009.

Sebelumnya, Jepang sangat khawatir karena peluncuran roket Korut yang terakhir melintasi wilayah udara negara itu. Karena itulah, Menteri Pertahanan Jepang Naoki Tanaka mengatakan, negaranya telah memesan sistem senjata pertahanan sebagai antisipasi rencana peluncuran nuklir Korea Utara pada bulan depan.

Laporan menyebutkan, sistem pertahanan itu akan diletakkan di Pulau Okinawa untuk menembak jatuh roket yang mengancam wilayah Jepang. Korea Selatan, China, dan AS juga menyampaikan kekhawatirannya atas rencana peluncuran tersebut.

"Ini akan menjadi provokasi seram yang mengancam perdamaian dan keamanan semenanjung Korea dan Asia Timur Laut," kata Menteri Luar Negeri Korea Selatan dalam pernyataannya.

Kantor berita pemerintah China Xinhua, mengatakan Wakil Menteri Luar Negeri Zhang Zhijun telah bertemu dengan duta besar Pyongyang untuk menyampaikan kekhawatiran Beijing. Sementara, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton menyebut pengumuman Korut itu "sangat provokatif".

Rencananya, para pemimpin dunia termasuk Presiden AS Barack Obama akan bertemu di Seoul pada pekan depan, dan persoalan roket Korut ini akan menjadi salah satu topik pembicaraan penting. BBC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar