Minggu, 01 September 2013

RI TEMPATKAN SKADRON HELIKOPTER APACHE DI LAUT CINA SELATAN



Jihad-Defence-Indonesia - JAKARTA : Kementerian Pertahanan Republik Indonesia telah menandatangani kesepakatan pembelian delapan helikopter serang jenis Apache AH-64E dari Amerika Serikat (AS). Nantinya, helikopter serang tersebut akan ditempatkan di Laut China Selatan. 

Hal tersebut diuatarakan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Purnomo Yusgiantoro usai pelantikan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepala Staf Aangkatan Darat (KSAD) di Istana Negara.
“Agar tahu saja, bahwa kita akan tempatkan (helikopter Apache) di Laut China Selatan,” kata Purnomo, di Istana Negara, Jumat (30/8/2013).

Purnomo menegaskan, pembelian helikopter tempur tersebut, sebagai upaya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dia pun menampik helikoper buatan Amerika itu akan ditempatkan di Papua.
 
“Oh enggak, itu bukan untuk Papua, itu untuk Indonesia. Itu (helikpoter) untuk menjaga kedaulatan kita,” jelas Poernomo.

Sekedar diketahui,  pemerintah membeli delapan helikopter AH-64 Apache tersebut senilai US$600 juta atau Rp. 6,4 triliun. Diharapkan pada Oktober 2014,  helikopter lengkap dengan senjata dan spare partnya mulai tiba di Indonesia secara bertahap.

Laut China Selatan sendiri menjadi rebutan antara beberapa negara anggota ASEAN dengan China dan Taiwan. Wilayah tersebut dikabarkan kaya akan sumber daya alam serta dinilai strategis.

Indonesia tidak memiliki klaim apapun atas Laut China Selatan. Negara ASEAN yang turut mengklaim wilayah ini antara lain, Filipina, Singapura, Vietnam, Kamboja, Malaysia, dan Brunei Darussalam.


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar