Senin, 17 Maret 2014

TNI-AL LATIHAN EVAKUASI KORBAN RADIASI NUKLIR


Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Satuan Tugas Medical Civic Action Project (Satgas Medcap) TNI Angkatan Laut (TNI-AL), menggelar latihan evakuasi udara di Lapangan Terbang TNI-AL Pondok Cabe, Jakarta, Senin (17/3/2014).

Satgas Medcap melatih kemampuan untuk mengevakuasi korban radiasi nuklir, biologi, dan kimia (nubika).

Latihan itu sendiri, merupakan persiapan untuk mengikuti Latihan Bersama Multilateral Komodo 2014 yang melibatkan angkatan laut 16 negara Asean plus di Batam, Natuna, dan Anambas, pada 27 Maret hingg 3 April 2014.

"Dalam latihan, disekenariokan terjadi bencana alam tsunami di perairan Natuna, yang menyebabkan semua bangunan rusak berat termasuk rumah sakit. 

Sedangkan puluhan korban memerlukan pertolongan cepat," kata Kepala Dinas Penerangan Koarmabar Letkol Laut Agus Cahyono, Senin.

Ia mengatakan, latihan tersebut sebagai bentuk kerjasama Satuan Tugas Latihan (Satgaslat) yang mengatur pergerakan kegiatan operasional pesawat helly yang on board di  KRI untuk mevakuasi korban sesuai permintaan Satgas Medcap.

Latihan medis penanggulangan korban bencana ini, diikuti oleh perwira kesehatan dari TNI AL maupun TNI-AD.

"Rincinya, terdiri dari dokter dan para medis yang dipimpin Lettu Laut (K) dr Fatahillah, dan dari personel TNI-AD dari kompi Zeni Nubika (Nuklir, Biologi dan Kimia)," terangnya.

Dalam Latma Multilateral Komodo 2014 sendiri, TNI-AL akan mengerahkan 16 KRI dari berbagai jenis dari jajaran Komando armada barat, Komando armada timur dan Komadno lintas laut militer. 


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar