Rabu, 12 Maret 2014

TNI MINATI MBT MERKAVA MK3 BAZ ISRAEL


Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Merkava dalam bahasa Ibrani berarti ‘kereta perang’. Oleh karena itu, pihak IDF (Israeli Defence Force) menciptakan tank tempur utama (MBT) menggunakan nama tersebut. Keberhasilan dari tank ini cukup diakui dunia. 

Setiap peralatan perang diakui berhasil jika mendapat cap battle proven, dan ini dibuktikan saat perang di Libanon saat awal tank ini diluncurkan. Keberhasilan inilah membuat tank tersebut di minati oleh banyak Negara, termasuk Indonesia.
  

Info yang diterima oleh ASATUNEWS.COM TNI berencana menambah alutsista jenis heavy tankuntuk menambah keberadaan tank Leopard yang sudah dibeli. Ada dua pilihan yang diajukan, pertama MBT (Main Battle Tank) Challenger besutan Inggris. 

Opsi kedua Merkava Mk3 BAZ buatan Israel. Pihak TNI pada akhirnya memilih Merkava dengan berbagai pertimbangan. Kabar terakhir, kesepakatan sudah ditandatangani hanya tinggal kendala soal dana saja. Sekarang mari kita mengenal lebih jauh tank yang mendapat julukan ‘tank teraman’ di dunia.
 
Seperti sudah diungkapkan diatas, tank Merkava merupakan main battle tank yang menjadi andalan Angkatan Bersenjata Israel dalam menghadapi para seteru arab-nya di kawasan teluk. 

Dikembangkan sejak tahun 1980-an Merkava sudah banyak terlibat dalam berbagai operasi tempur, yang paling mutakhir adalah konfrontasi dengan gerilyawan Hisbullah di Libanon selatan, namun pada kali ini cerita sedih banyak di alami oleh para serdadu Israel awak Merkava yang harus pontang-panting menghindari gempuran rudal anti tank para gerilyawan Hisbullah.
 
Melihat kenyataan tersebut, pihak Israel mengembangkan beberapa varian yang di kembangkanIsrael Military Industries sebagai pemimpin dari berbagai institusi/pabrikan yang turut serta dalam pembuatan Tank Merkava ini. Antara lain adalah : Merkava LIC , Merkava Tankbulance, Merkava ARV, Merkava APC dan Merkava Soltam Howitzers.
 
Menurut sejarah pembuatannya Merkava mengalami beberapa kali evolusi dari yang pertama yaitu : Merkava Mark I, Merkava Mark II, Merkava Mark III, dan yang terakhir adalah Merkava Mark IV. 

Untuk seri Merkava yang terakhir atau Merkava Mark IV persenjataan yang di bawanya adalah : 120 mm MG253 smoothbore gun:48 rounds dan LAHAT ATGM, kecepatan maksimal dari generasi Merkava terbaru ini adalah 70 km/jam. Jumlah kru yang mengawaki tank ini sebanyak 4 personil yang terdiri dari : komandan tank, pengemudi, pengisi amunisi, dan penembak.
 
Senjata utamanya adalah kanon 120mm (sama dengan yg digunakan M1A2 atau Leopard) dengan laras yg diperbaiki hingga menambah daya penetrasinya. Selain itu, sistem menggunakan loading semi otomatis. Membawa 48 rounds amunisi dengan 10 rounds amunisi siap tembak denga sistem revolver elektris.
 
Sistem penembakan Merkava mampu menembak sasaran sambil bergerak. Baik sasaran permukaan hingga helikopter. Merkava 4 sendiri sudah dilengkapi dengan 4 kamera eksternal yang berguna baik siang maupun malam, artinya dikegelapan malam pun mereka masih leluasa untuk melihat bak disiang hari saja.
 
Merkava Mk 4 juga memiliki kemampuan yg sama dengan T-80U buatan Rusia dalam hal kemampuan menembakan rudal anti tank dengan laras meriamnya.
 
Senjata tambahannya adalah 3 buah 7.62mm machine gun ( 2 diatas turret dan 1 didalam dan ditembakan secara internal ) dan mortir 60mm yg ditembakan secara internal dan mampu mencapai jarak 2700m.
 
Menggunakan sistem targeting dan sighting paling canggih, termasuk 360 derajat video-view buat pengemudi, night and day concitioning vision buat commander. Mesinnya menggunakan General Dynamics GD833 V-12 dengan 1500 Horse Power - Diesel (sama dengan yg digunakan LeClerc). Mesin Diesel-nya membuat Merkava mengungguli jarak operasional Abrams.
 
Satu lagi keunggulan Merkava (khususnya dalam urban warfare) adalah selain mengangkut 4 crew, Merkava mampu membawa 8 prajurit komando yang sewaktu - waktu bisa diterjunkan lewatbackdoor hatch (Merkava adalah satu-satunya MBT yg memiliki 'escape door'). Unit komando tersebut bisa berfungsi sebagai scout, unit tank killer maupun unit pelindung apabila tank bergerak didaerah perkotaan/pemukiman yang rapat.
 
Merkava juga dilengkapi dengan sensor pendeteksi rudal. Merkava merupakan salah satu tank paling aman dan dinamis di dunia. Penuturan salah seorang personil militer Israel yang mengemudikan tank sewaktu perang dengan Libanon menguatkan hal ini. Katanya sewaktu dua buah rudal dari tank lawan menghantam Merkava, dirinya begitu merasa terlindungi, Merkava telah menyelamatkannya.
 
Merkava Mk3 BAZ
 
Pada Merkava Mk 3, fungsi loader dihilangkan karena amunisi sudah menganut tipe drum revolver, 5 peluru tersimpan pada tiap tabung. Pada Mk 4 malah lebih hebat lagi, sepuluh peluru siap tembak tersimpan dalam tabung yang berputar dengan sistem elektrik. Untuk keadaan darurat, pada belakang bodi Merkava dipasang emergency hatch sehingga awak bisa keluar dengan selamat.

Emergency hatch ini pula yang membuat Merkava disukai pasukan infanteri. Karena dengan sistem darurat ini, pasukan lain yang sedang dihujani tembakan juga bisa menumpang berlindung di dalam Merkava.
 
Untuk urusan desain bodi, Merkava bisalah disebut sebagai penganut paham nyeleneh. Seluruh bodi dibuat bersudut tajam bertujuan untuk mengurangi daya penetrasi senjata antitank. Mesinnya sendiri ditempatkan di bagian depan. Konfigurasi yang umumnya hanya ditemui pada desain APC, dipercaya mampu menjadi lapisan pelindung tambahan bagi kru apabila terkena hantaman langsung dari depan.
 
Desain juga dibuat beda, yaitu triangular, pipih dan melebar. Bentuk turret macam ini akan meminimalkan cross section, sehingga menyulitkan pembidik rudal antitank untuk mengakuisisi target. 

Lapisan baja mengelilingi bodi dan turret tank, terutama di samping badan untuk melindungi rantai baja rentan putus akibat ledakan. Lapisan baja yang dibuat dengan sistem modul, membuat tank ini mampu melokalisir efek ledakan dan memudahkan untuk dilepas saat perawatan.
 

Berkembangnya teknologi rudal antitank macam RPG-29 yang memiliki dual warheads, mendorong dilakukannya penyempurnaan pada desain lapisan baja Merkava. Pada Merkava Mk 3 Baz, diperkenalkan sistem armor modular "kasag" yang meliputi lapisan ERA (explosive reactive armor) dan desain armor baru yang dapat menaklukkan senjata antitank jenis apapun.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar