Rabu, 03 Juli 2013

Agusta A129, HELIKOPTER SERANG VARIAN TERBARU ITALIA


Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Musang terbang itulah julukan untuk helikopter serbu buatan negara Italia. Bisa dibilang helikopter serbu ini yang pertama kali berhasil didesain dan dibuat oleh negara dikawasan eropa barat. Mengusung nama resmi Agusta A129 Mangustahelikopter ini dibuat pada tahun 1978 dan purwarupa Agusta A129 Mangusta menjalani tes terbang resmi pertama kalinya pada 15 September 1983. Semua proses itu di lakukan oleh perusahaan Agusta (bagian dari AgustaWestland) yang berasal dari Italia.

Agusta A129 Mangusta awalnya merupakan pesanan Angkatan Darat Italia untuk di fungsikan sebagai helikopter serang dengan kualifikasi anti tank dengan harga yang relatif lebih murah di banding dengan helikopter sejenis yang berasal dari Amerika Serikat namun mempunyai kemampuan persenjataan dan avionik yang sertara. Sebagai helikopter serang, Agusta A129 Mangusta selain bisa di gunakan untuk tugas-tugas anti tank, helikopter ini juga dapat berfungsi sebagai heli intai, serang darat, pengawalan, dan juga mampu bertugas sebagai anti pesawat udara.

Pada tahun 2008 helikopter A129 Mangusta ini mengalami pembaharuan Varian menjadi A129CBT (combat) , pembaharuan inipun bukannya tanpa sebab tetapi untuk menambah daya gempurnya dimedan perang serta menyesuaikan kondisi peperangan zaman sekarang. 

A 129 CBT (Combat)

A129CBT versi terbaru disokong dengan mesin penggerak Roll-royce GM 1004, dengan lima pisau rotor utama sedangkan pada bagian ekor ditambah menjadi 2 pisau rotor, bayangkan saja helicopter ini mampu mengeluarkan torsi sebesar 1.700 shp dengan beban angkut pada saat take off sebesar 4.600kg, dengan beban sebegitu  tak ayal para enginer Italia memanfaatkannya dengan penambahan sistem persenjataan yang diakut oleh helikopter ini.

Untuk memenuhi sistem persenjataanya, A129CBT dilengkapi dengan berbagai perlengkapan senjata. Untuk menghantam tank di darat helikopter di bekali dengan 8 buah rudal AGM-114 Hellfire atau BGM-71 TOW, sedang 4 sampai 8 buah rudal AIM-92 Stinger atau Mistral cukup mampu untuk menghadapi musuh dari udara. Dan untuk urusan senapan mesin, Agusta A129 Mangusta versi terbaru menggunakan Gatling 20 mm tiga barel menggantikan senapan mesin 6 barel Vulcan M61A1, semua sistem persenjataan ini di kontrol oleh TM197B sumbangan dari Otobreda. kemudian penambahan teknologi terbaru FLIR, EADS/AAR-60 serta sistem navigasi terbaru dari INS,

Dengan kemampuan A129CBT wajar saja,helikopter ini dipercaya Perserikatan Bangsa-Bangsa mengemban tugas dalam misi perdamaian di Somalia, Makedonia dan Angola

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar