Senin, 01 Juli 2013

SETIAP 7 TAHUN, MILITER KOREA UTARA TAMBAH 900 TANK BARU



Jihad-Defence-Indonesia - SEOUL : Militer Korea Selatan (Korsel) melaporkan, militer Korea Utara (Korut) selalu mengerahkan 900 tank baru yang sudah dimodifikasi setiap tujuh tahun. Persenjataan tank-tank tersebut dinyatakan cukup canggih dan siap tempur.

"Korea Utara mengerahkan 900 tank dari 2005 hingga tahun lalu. Jumlah ini jelas dua kali lipat lebih besar daripada Korea Selatan," ujar salah seorang personel militer Korea Selatan yang tidak mau disebut identitasnya, seperti dikutip Korea Times, Rabu (19/6/2013).

Tank baru yang dikerahkan negeri komunis itu adalah Chonma-ho 5 (kuda langit) dan Songun-ho (militer utama). Chonma-ho 5 adalah generasi terakhir tank Korea Utara, tank itu dibangun dengan meniru model tank Soviet T-62.

Sementara itu, Songun-ho adalah tank yang namanya diambil dari nama ideologi politik Korut. Ideologi politik Songun dipopulerkan oleh mendiang Kim Jong-Il sebagai pedoman pengembangan militer. Ideologi itu juga dijunjung tinggi oleh putranya, Kim Jong-Un yang saat ini memimpin Korea Utara.

Kedua tank itu memiliki persenjataan yang cukup baik ketimbang beberapa tank terdahulu mereka, seperti Pokpung-ho (badai). Pokpung-ho merupakan salah satu tank Korea Utara yang dipamerkan ke publik pada Oktober 2010 di parade militer.

Sejauh ini, Korea Selatan mengaku telah melihat 100 tank Songun-ho di wilayah perbatasan. Tank-tank dengan persenjataan canggih itu juga dipandang layaknya ancaman bagi Negeri Ginseng karena selain memiliki senjata yang canggih, mereka dapat bergerak dengan kecepatan tinggi di jalur darat yang kasar.

Menurut buku putih pertahanan Korea Selatan, Korea Selatan memiliki 2.400 tank yang siap tempur, sedangkan Korea Utara memiliki 4.200 tank. Tank Korea Selatan adalah K2 yang sudah dimodifikasi, tank itu merupakan tank amfibi yang dipersenjatai dengan senapan serbu yang cukup baik. 



Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar