Rabu, 03 April 2013

KOMANDO ARMADA TIMUR TNI-AL AKAN UJI SENJATA STRATEGIS DI LAUT JAWA


Rudal C 802 Ditembakkan dari KRI Layang
Jihad-Defence-Indonesia - Surabaya : Sukses melaksanakan latihan Parsial III Operasi Amfibi, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) kembali akan mengadakan uji coba senjata strategis yang bersandikan “ Gladi Parsial IV” yang akan dilaksanakan di Laut Jawa. Rabu (3/4/2013) Koarmatim telah menggelar Latihan Pos Komando (Latposko) bertempat di Gedung Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolatarmatim, Ujung, Surabaya.
Latihan uji coba senjata strategis yang akan dilaksanakan di Laut Jawa ini merupakan uji coba Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang dipersiapkan untuk Latihan Gabungan TNI Tahun 2013. Dimana dalam latihan ini, TNI akan menggelar latihan yang melibatkan tiga unsur kekuatan matra TNI, yaitu matra darat, matra laut dan matra udara.

Untuk latihan uji coba senjata strategis kali ini Koarmatim akan mengerahkan kapal-kapal perangnya sebanyak 13 kapal perang dari berbagai tipe, dengan berbagai senjata andalan strategis yang dimiliki oleh masing-masing kapal perang tersebut. Kapal perang atau KRI yang terlibat itu antara lain KRI Sultan Hansanudin-366, KRI Frans Kaisiepo-368, KRI Sultan Iskandar Muda-367, KRI Yos Sudarso-353, KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355,KRI Hiu-804 KRI Kerapu-812,KRI Kakap-811,KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Sutanto-877, KRI Makasar-590, KRI Cakra-401 serta 1 helkopter dan pesawat Cassa sebagai Patroli Maritim.

Senjata strategis yang akan diujicobakan itu antara lain, Rudal C-802, Rudal exocet MM-40, RBU-6000 dan torpedo sut. Torpedo Sut akan ditembakkan oleh Kapal selam KRI Cakra-401, Rudal Exocet MM-40 akan ditembakan oleh kapal Sigma Class buatan Belanda, Rudal C-802 akan ditembakan oleh kapal jenis Vanspeijkh juga buatan Belanda dan RBU 6000 akan ditembakan oleh kapal jenis Parcim. Kapal perang yang melakukan penembakan senjata strategis ini merupakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) dan Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmatim.

Mesin-mesin perang Koarmatim ini akan segera bergerak menuju Laut Jawa, seusai melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) dan Tactical Game (TG) di Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kobangdikal) tanggal 4-9 April mendatang.

Materi latihan yang akan dilaksanakan meliputi cek komunikasi, keluar pelabuhan, melewati medan ranjau/ Mine Field Transit, pertahanan udara/Adex, Screen Exercise, Aswex dan penembakan RBU-6000, Helly Cross Deck/Touch and Go Exercise, Gunnex sasaran tomatto Killer, Sul sasaran Tomatto Killer, prosedur penembakan exocet MM-40, prosedur penembakan rudal C-802, prosedur penembakan torpedo Sut, Anti Air Rapid Open Fire Exercise (AAROFEX) dan masuk pelabuhan.

Latihan ini bertujuan untuk memantapkan profesionalisme prajurit matra laut dan kesiapsiagaan KRI atau pesawat udara guna melaksanakan manuver taktis penembakan senjata strategis dalam rangka mendukung latihan gabungan TNI Tahun 2013.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar