Rabu, 03 April 2013

SINGAPURA: AMERIKA SERIKAT SANGAT BERKEPENTINGAN DI WILAYAH YANG DI KLAIM CHINA


Foto : PM Singapura Lee Hsien Loong (reuters)
Foto : Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (reuters)



Jihad-Defence-Indonesia - WASHINGTON :Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan, Amerika Serikat (AS) memiliki "kepentingan fundamental" di wilayah yang diperebutkan China dan beberapa negara lain. Kepentingan yang dimaksud adalah kebebasan pelayaran dan stabilitas.

"Kita harus mencegah adanya kesalahpahaman yang akan mengganggu wilayah itu," ujar Lee, usai bertemu dengan Presiden AS Barack Obama, di Gedung Putih, seperti dikutip AFP, Rabu (3/4/213).

"AS adalah superpower incumbent yang akan tetap menjadi kekuatan dominan, mereka memiliki kepentingan yang harus dilindungi," paparnya.

Sebagai kepala pemerintahan dari sebuah negara yang juga menjalin kemitraan dengan China, Lee meminta AS agar menjalin hubungan yang baik dengan Negeri Panda itu. Lee menilai, ada persamaan kepentingan antar dua negara kuat itu yang bisa diakomodasikan.

"China menginginkan tempat yang paling layak di bawah sinar matahari, dan mereka akan menjadi semakin waspada untuk mendefinisikan arti dari 'kebebasan bertindak'," imbuhnya.

Seperti diketahui, Singapura telah memberikan izin bagi AS untuk mengerahkan empat kapal perang AS. Lee mengatakan, selama ini Singapura dan Negeri Paman Sam aktif menjalani kerja sama militer.

Obama sendiri mengakui, kerja samanya dengan negara di Asia Tenggara itu sangat memuaskan. Presiden berkulit hitam itu mengucapkan terima kasih kepada Singapura yang sudah memberikan fasilitas bagi AS yang sedang memusatkan kehadiran militernya di Asia-Pasifik.


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar