Selasa, 31 Juli 2012

LIPI: Sejarah Orde Baru Didominasi Militer

 
Jihad-Defence-Indonesia,  Harus bisa dibedakan pelanggaran HAM dan pemberontakan yang terjadi dalam sejarah perjalanan bangsa.
JAKARTA, Jaringnews.com - Sejawaran LIPI Asvi Warman Adam mengungkapkan, sejarah Orde Baru yang dipelajari di bangku sekolah didominasi peristiwa militer, dimana peran militer sangat kental dalam pelajaran sejarah tersebut.
“Bahkan dalam pemberontakan tersebut, dituliskan secara detail nama komandannya, dan ini menurut saya tidak perlu secara detail seperti itu, karena itu tidak perlu," ungkap Asvi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/7).
Namun, setelah era reformasi, jelas Asvi, sejarah Indonesia tidak bisa dinafikan. Ada pemberotakan selama perjalanan bangsa. “Dan jangan sampai mengaburkan peristiwa masa lampau yang terjadi," tambahnya.
Menurut Asvi, harus bisa dibedakan pelanggaran HAM dan pemberontakan yang terjadi dalam sejarah perjalanan bangsa, sehingga jangan sampai persoalan pemberontakan dinilai sebagai pelanggaran HAM. Dalam sejarah perjalanan bangsa, sambung dia, butuh adanya dokumentasi yang sahih untuk mengungkapkan masalah dan pelanggaran HAM yang terjadi.
“Saya sependapat adanya suatu organisasi atau lembaga yang dibentuk pemerintah untuk mengungkapkan sejarah perjalanan bangsa,” tukas Asvi.
(Ral/Nky)
Sumber : (Jaringnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar