Selasa, 10 Juli 2012

CHINA MULAI LATIHAN PERANG DI LAUT CHINA TIMUR

BEIJING-(J-D-I) :Angkatan Laut China akan memulai latihan perangnya hari ini di lepas pantai timur, latihan itu akan berlangsung selama enam hari. Pemerintah China juga tidak menjelaskan detil mengenai latihan perang itu.

"Menurut rencana tahunan kami, Pasukan Pembebasan Rakyat China akan menggelar latihan dalam beberapa hari di perairan dekat Pulau Zhoushan," ujar Pemerintah China, seperti dikutip AFP, Selasa (10/7/2012).

Pulau Zhoushan terbentang di Laut China Timur, tak jauh dari Kota Shanghai. China sebelumnya mengatakan bahwa latihan perangnya tidak akan digelar di perairan yang diklaim oleh negara lain. 

Selama ini, China seringkali terlibat dalam peristiwa sengketa wilayah dengan negara lain. Selain terlibat dalam sengketa Laut China Selatan, Negeri Panda itu juga berseteru dengan Jepang.

Latihan perang itu dilakukan China, tepat setelah Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mengatakan bahwa Jepang mempertimbangkan untuk membeli pulau-pulau yang dipersengketakan dengan China dan Taiwan. Pulau itu bernama Senkaku, namun China menyebutnya dengan nama Diaoyu.

China cukup marah dengan pernyataan Noda dan melontarkan klaimnya untuk yang kesekian kalinya ke pulau tersebut. Isu sengketa pulau yang terjadi antara China dan Filipina juga masih bergulir hingga saat ini.


Sumber : Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar