Sabtu, 07 Juli 2012

Iran ancam tutup Selat Hormuz

Ilmuwan Nuklir Iran

Teheran (ANTARA News) - Iran akan menutup Selat Hormuz jika pendapatan minyak mentahnya sangat terancam, kata komandan penting militer negara itu dalam pernyataan yang disiarkan Sabtu.

"Kami memiliki rencana untuk menutup Selat Hormuz karena para komandan militer memiliki rencana untuk menghadapi setiap kemungkinan situasi," kata panglima angkatan bersenjata Jenderal Hassan Firouzabadi Jumat malam, yang dikutip kantor berita ISNA.

"Tetapi Iran, yang bertindak rasional, tidak akan menutup koridor merupakan tempat lalu lntas pengiriman 40 persen energi dunia, kecuali kepentingan-kepentingannya sangat terancam," katanya mengacu pada pendapatan minyak mentah negara itu.

Beberapa komandan dan pejabat berikrar akan menutup selat itu jika fasilitas-fasilitas nuklirnya jadi target serangan-serangan militer.

Ia menjelaskan,"perintah untuk melaksanakan misi itu hanya akan dilakukan melalui satu keputusan Dewan Keamanan Nasional Agung dan disetujui ooleh Pemimpin Agung " Ayatollah Ali Khamenei, yang merupakan keputusan akhir bagi semua masalah negara itu.

Firouzabadi mengatakan pernyataan-pernyataan para komandan militer tidak akan berdampak pada setiap keputusan untuk menutup jalur pelayaran bagi minyak melalui Selat Hormuz.

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/320346/iran-ancam-tutup-selat-hormuz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar