Sabtu, 07 Juli 2012

Kanselir Jerman Kunjungi Indonesia Selasa

Presiden SBY dan Kanselir Jerman Angela Merkel pada 2009
Presiden SBY dan Kanselir Jerman Angela Merkel pada 2009 (Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki)


VIVAnews - Kanselir Republik Federal Jerman, Angela Merkel, akan berkunjung ke Indonesia pada Selasa sampai Rabu, 10-11 Juli 2012 mendatang. Ini merupakan kunjungan balasan kepala pemerintahan Jerman itu atas lawatan Presiden RI ke negaranya pada 2009.

Staf Khusus Presiden RI bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, mengungkapkan rombongan Kanselir Jerman antara lain terdiri dari State Secretary for Economic Affairs, anggota parlemen, dan perwakilan kalangan pengusaha utama Jerman.

"Selama di Jakarta, Kanselir akan melakukan serangkaian acara resmi yaitu upacara peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan, upacara penyambutan resmi di Istana Merdeka, pertemuan bilateral bersama Presiden RI dan menghadiri jamuan santap malam kenegaraan," kata Faizasyah dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Minggu 8 Juli.

Selain itu, Kanselir Jerman dijadwalkan akan mengunjungi Gereja Immanuel dan Mesjid Istiqlal, bertemu dengan Ketua Mahkamah Konstitusi, dan menghadiri pertemuan bisnis dengan pengusaha Indonesia dan Jerman.

Pertemuan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Kanselir Jerman akan membahas peningkatan kerjasama di bidang-bidang prioritas, utamanya perdagangan dan investasi, pendidikan, riset dan teknologi, kesehatan serta industri pertahanan. "Kunjungan ini akan dimanfaatkan juga oleh kedua kepala pemerintahan untuk membahas isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama."

Faizasyah mengungkapkan, dalam kesempatan kunjungan Kanselir Merkel ini, akan dicanangkan Deklarasi Kemitraan Komprehensif Indonesia-Jerman. Deklarasi ini menandai satu hubungan ke depan yang visioner, bersifat komprehensif dengan mengacu pada bidang-bidang kerjasama yang menjadi prioritas bersama.

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/333657-kanselir-jerman-kunjungi-indonesia-selasa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar