Selasa, 25 September 2012

MENCERMATI POLITIK TERSELUBUNG AS

kelas-oliver-hazard-perry.jpg
Kapal Fregat kelas Oliver Hazard Perry
Jihad-Defence-Indonesia - Beberapa waktu lalu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Rodham Clinton mengumumkan bahwa Indonesia telah memesan pesawat serang AH-64 Apache Longbows. Dalam pengumuman itu, Hillary juga menyirat harapan pemerintah Amerika Serikat bahwa Indonesia juga akan memesan fregat kelas Oliver Hazard Perry. Tentu saja hal ini menjadi suatu hal yang menarik untuk dicermati.
Sebenarnya, sudah sejak sekitar lima tahun silam fregat kelas Oliver Hazard Perry ditawarkan kepada Angkatan Laut Indonesia. Hanya saja, "niat baik" Amerika Serikat itu ditampik oleh Angkatan Laut Indonesia karena berbagai pertimbangan ekonomis. Misalnya usia kapal yang sudah di atas 30 tahun, besarnya biaya perbaikan kapal karena status as where as it is dan biaya operasional kapal perang yang cukup besar.
Memang Amerika Serikat sangat kuat keinginannya melepas fregat kelas Oliver Hazard Perry kepada Indonesia. Washington lewat ODC di Jakarta telah melakukan berbagai cara untuk membujuk Indonesia agar mau menerima fregat kelas Oliver Hazard Perry. Sejauh ini, kekuatan laut Indonesia terus bergeming berdasarkan alasan yang telah disebutkan. Dikaitkan dengan pernyataan Hillary, patut diwaspadai apakah hal itu merupakan suatu tekanan politik kepada Indonesia. Apakah fregat Olizer Hazard Perry akan dioperasikan oleh Angkatan Laut Indonesia berdasarkan pesanan politik nantinya? Kalau hal itu terjadi, yang dirugikan adalah Angkatan Laut Indonesia itu sendiri nantinya.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar