Selasa, 25 September 2012

MENDELIK KEPADA KOREA SELATAN

http://kasamago.files.wordpress.com/2012/03/kri401cakrakm.jpg
  kapal selam U-209
Jihad-Defence-Indonesia - Indonesia semestinya tidak hanya membeli kapal selam dari Korea Selatan, meskipun keputusan untuk membeli kapal selam fotokopi U-209 itu memunculkan perdebatan tersendiri di negeri ini. Sudah menjadi pengetahuan umum kalau Seoul ingin meningkatkan kerjasama pertahanan dengan Jakarta, termasuk dalam urusan ekspor senjata.
Kesempatan tersebut semestinya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Jakarta, termasuk dalam rangka memperkuat kekuatan Angkatan Laut.

Terdapat sejumlah keluhan terhadap korvet kelas Sigma dari Negeri Meneer. Sebagian dari keluhan itu sebenarnya karena pengambilan keputusan yang kurang tepat di masa lalu, yakni kenapa Indonesia memilih korvet dan bukan fregat.
 Padahal kelas Sigma juga mempunyai versi fregat yang kini digunakan oleh Angkatan Laut Maroko.
SIGMA FMM 10514 Morocco Hilang Fregat Sigma, Datang La Fayette
Korea Selatan sekarang tengah mengembangkan fregat kelas FFX. Menurut rencana, selama periode 2012-2022, Angkatan Laut Negeri Ginseng itu akan membeli 19 fregat buatan galangan dalam negerinya. Kalau Indonesia juga membeli fregat itu, akan merupakan sebuah terobosan yang bagus sebab akan meningkatkan daya tawar Jakarta terhadap Seoul dalam urusan perdagangan senjata maupun teknologi pertahanan. 
 
Maksudnya, pengadaan FFX dari Korea Selatan dapat dijadikan salah satu posisi tawar guna meminta sistem senjata lain dari Seoul.
Negeri Roh Tae Wo itu pasti senang kalau Jakarta menjadi konsumen FFX. 
Tentang keandalan FFX tak perlu diragukan, karena fregat itu dirancang dalam suasana perang sehingga harus bisa unggul dalam atmosfir permusuhan di laut.
Seperti diketahui, Negeri Chun Do Hwan tersebut masih menghadapi ancaman nyata dari Negeri Kim Il Sung.
Sehingga semua sistem senjata yang dibangun oleh Seoul pasti dirancang untuk bertempur dalam kondisi sesungguhnya.
Sumber Bacaan : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar