Selasa, 02 Oktober 2012

PENYAMBUTAN SATGAS SBJ LXI/2012 DI JAKARTA

Jihad-Defence-Indonesia - JAKARTA : Penyambutan Satuan Tugas (Satgas) Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXI/2012, di Dermaga Kolinlamil, Jl. Pos 9. Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jum’at (28/9). Acara penyambutan dilaksanakan dengan upacara resmi yang dipimpin oleh Kepala Dinas Potensi Mariritm (Kadispotmar) Mabesal, Laksamana Pertama TNI Kinkin Suroso, dihadiri Kapala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI Jeane Winaktu, Kepala Staf Kolinlamil Laksmana Muda TNI Arie Atmadja, beserta tamu undangan lainnya dari Kementrian Kesehatan dan pejabat TNI/Polri wilayah Jakarta Utara.

Upacara tersebut sekaliguas penutupan Satgas SBJ LXI/2012. Pada kesempatan itu, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXI/2012, Kolonel Laut (P) Herman Prasetyo, menyampaikan laporan pelaksanaan Operasi Bhakti SBJ yang telah dilaksanakan. Komandan Satgas SBJ LXI/2012, dalam laporan resminya mengatakan, kegiatan pokok telah dilaksanakan yang pertama adalah Bhakti Kesehatan berupa pengobatan umum, pengobatan gigi dan mulut, pengobatan mata, operasi bedah Mayor dan Minor, klinik ibu dan anak serta program Keluarga Berencana (KB).

Tugas pokok yang kedua adalah, Pelayanan Masyarakat Yanmas) meliputi penyuluhan hukum tentang bahaya Narkoba, Penyuluhan Pendidikan Kesadaran dan Bela Negara (PKBN), penyuluhan kesehatan tentang penyakit HIV dan AIDS, penyerahan bahan kontak kepada sekolah, karang taruna, nelayan dan masyarakat desa pesisir. Selain itu juga menggelar acara olah raga dan hiburan, berupa pentas musik dan pemutaran film.

Tugas pokok yang ketiga adalah Bhakti Sosial (Bhaksos), berupa renovasi sarana umum (sekolah, rumah ibadah, Poliklinik Desa, dan PKK). Tempat kegiatan, Takabonerate, Propinsi Sulawesi Selatan, Labuha (Bacan), Ternate, Tidore, Sofifi, P. Mare dan Morotai Maluku Utara. Waktu pelaksanaan selama 41 hari, mulai tanggal 28 Agustus sampai dengan 04 Oktober 2012.

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), yang dibacakan Kadispotmar menyampaikan beberapa hal diantaranya, bahwa Operasi Surya Bhaskara Jaya adalah kegiatan operasi Bhakti TNI Angkatan Laut, yang dilaksanakan secara terbuka melibatkan keikutsertaan instansi pemerintah dan swasta serta negara-negara sahabat.

Kasal juga menyampaikan, Operasi Surya Bhaskara Jaya Ke-61 ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu, guna membantu pemerintah daerah dan meningkatkan kesejahteraan serta kualitas pelayanan kesehatan masyarakat lokal, khususnya masyarakat yang berada di daerah pesisir pantai serta pulau-pulau terpencil.

Oleh sebab itu, TNI Angkatan Laut sebagai bagian dari TNI, dalam aktualisasinya sebagai pendinamisan pembangunan kelautan, ikut berperan aktif dan berpartisipasi dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa pesisir yang pada umumnya masih tertinggal dan meningkatkan kemampuan taraf hidupnya, agar mampu berperan serta dalam pembangunan nasional.

Opersi Surya Bhaskara Jaya Ke-61 merupakan bagian dari Satgas Sail Morotai tahun 2012, yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu di wilayah kepulauan Maluku. Keikutsertaan TNI Angkatan Laut terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai salah satu komponen pertahanan negara di laut, dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar