Senin, 26 November 2012

ANGKAATAN LAUT CHINA LUNCURKAN SATELIT SURVEILANS YAOGAN-16


Jihad-Defence-Indonesia Cina meluncurkan roket Long March pada hari Minggu dan berhasil mengorbit satelit pengamatan Yaogan diyakini dalam misi pengawasan angkatan laut, menurut media pemerintah Cina dan analis independen.

Sebuah roket Long March 4C lepas landas pada 0406 GMT Minggu (23:06 EST Sabtu) dari pangkalan peluncuran Jiuquan di barat laut Cina. Roket tiga tahap menempatkan muatan 16 Yaogan ke orbit 680-mil-tinggi dengan kemiringan 63,4 derajat, menurut data AS pelacakan militer.

Peluncuran terjadi jam 12:06 waktu Beijing pm, yang dikelola negara kantor berita Xinhua melaporkan.

Satelit ini dirancang oleh China Aerospace Sains dan Teknologi Corp, kontraktor antariksa milik negara, menurut kantor berita Xinhua.

Xinhua melaporkan Yaogan-16 adalah "dirancang untuk berbagai kegunaan, termasuk eksperimen teknologi, survei sumberdaya lahan, estimasi hasil pertanian dan pencegahan bencana dan pengurangan."

Namun peluncuran Yaogan-16 dan orbitnya menunjukkan kesamaan dengan misi satelit diluncurkan pada bulan Maret 2010, yang terdiri dari tiga pesawat ruang angkasa terbang dalam formasi dekat. Para ahli percaya bahwa satelit melacak gerakan kapal dengan instrumen pengamatan optik dan radar.

Para ahli percaya bahwa muatan Yaogan- 16  juga dapat mencakup tiga satelit.

Satelit angkatan laut China observasi adalah mitra untuk Surveillance System Naval US National Reconnaissance Office Ocean, atau NOSS, yang meliputi dua atau tiga formasi terbang satelit di orbit yang sama.

China Yaogan satelit yang kemungkinan dijalankan oleh militer Cina, menurut analis Barat.

Misi Minggu menandai peluncuran 17 tahun  antariksa oleh China.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar