Kamis, 11 April 2013

DUTA BESAR AUSTRALIA UNTUK RI: INDONESIA MITRA KUNCI PERTAHANAN


Dubes Australia Greg Moriarty (Foto: AFP)
Duta Besar Australia Greg Moriarty (Foto: AFP) 

 

Jihad-Defence-Indonesia - JAKARTA : Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty menyebut Indonesia sebagai mitra kunci dalam bidang pertahanan dan juga keamanan. Kemitraan dengan indonesia juga dinyatakan bisa merealisasi cita-cita Australia yang ingin mempromosikan perdamaian dan kemakmuran di Asia.

"Australia melihat Indonesia sebagai mitra kunci (pertahanan dan keamanan) di wilayah. Kami juga sudah membangun aktivitas-aktivitas di bidang pertahanan dan beberapa aktivitas lainnya (dengan Indonesia) dalam beberapa dekade ini," ujar Moriarty kepada Okezone setelah berbica di jumpa pers Ozmine 2013, Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Indonesia dan Australia juga baru saja menggelar pertemuan antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan pada 3 April lalu. Dalam kunjungan itu, kedua negara tersebut sepakat untuk melakukan sejumlah kerja sama pertahanan di bidang penanganan bencana alam.

Moriarty menjelaskan pula, kedudukan Indonesia di mata Australia dalam bidang pertahanan sama seperti halnya negara mitra Negeri Kangguru yakni China dan Amerika Serikat (AS). Seperti diketahui, Perdana Menteri Australia Julia Gillard menyuarakan keinginannya dalam melihat latihan angkatan laut antara negaranyabersama Negeri Paman Sam (AS) dan China.

Selain itu, Moriarty turut menyinggung bahwa secara natural Indonesia adalah negeri pemimpin di ASEAN dalam hal sumber daya alam pertambangan. Posisi Indonesia dalam hal memimpin perdagangan juga sangat potensial.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar