Selasa, 09 April 2013

TIGA KAPAL CHINA KEMBALI MEMASUKI WILAYAH SENGKETA DENGAN JEPANG


Foto : Senkaku/Diaoyu (AP)
Foto : Pulau Senkaku/Diaoyu (AP) 



Jihad-Defence-Indonesia - TOKYO : Aparat penjaga pantai Jepang melaporkan, kapal milik Pemerintah China memasuki wilayah yang sedang diperebutkan oleh China dan Jepang pada hari ini. Peristiwa serupa juga terjadi pada pekan lalu.

Tiga kapal intai milik China berlayar di dekat Pulau Senkaku (Diaoyo) yang juga diklaim China. Aparat penjaga pantai Jepang melihat kapal itu melintas pada pukul 10.00 waktu setempat. Demikian, seperti diberitakan AFP, Selasa (9/4/2013).

Kapal-kapal asal Negeri Panda itu memang sering terlihat melaut di pulau sengketa sejak Pemerintah Jepang melakukan nasionalisasi atas tiga pulau di Laut China Timur. Namun Jepang tidak mengambil langkah militer untuk menindak kapal-kapal itu.

Sengketa Senkaku (Diaoyu) masih menjadi pokok kekhawatiran antara Pemerintah China maupun Jepang belakangan ini. China pun mengusulkan penundaan pertemuan trilateral tahunan bersama Jepang dan Korea Selatan (Korsel) karena hal itu.

Menurut China, pertemuan antara negaranya dan Jepang masih terlalu awal untuk dilakukan. Namun pihak Korsel menilai, pertemuan itu tetap harus dilakukan.

Ketegangan hubungan China dan Jepang makin meningkat setelah Perdana Menteri Shinzo Abe naik ke tampuk kekuasaan. Sebagai seorang politisi konservatif, Abe sangat tegas terhadap isu Senkaku.

Jepang pun sudah menambah kapal-kapal perangnya di Senkaku untuk menjaga wilayah tersebut. Mereka pun sempat mencegat pesawat China yang terbang di perairan tersebut.


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar