Sabtu, 22 Februari 2014

LAPAN RI KERJASAMA DENGAN UKRAINA KEMBANGKAN ROKET RX-550

Roket RX 550 LAPAN
Roket RX 550 LAPAN (photo: Okezone.com)

Jihad-Defence-Indonesia - Jakarta : Setelah beberapa kali gagal, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berencana meluncurkan kembali roket RX 550. Untuk mencapai keberhasilan ini, Lapan bekerjasama dengan National Space Agency of Ukraine (NSAU) dalam pengembangan nosel termasuk di dalamnya kesepakatan untuk proses alih teknologi.
Saat berbincang dengan Kapusroket Lapan, Dr. Rika Adiarti mengaku kerjasama dengan NSAU sudah berlangsung sejak 2012. Saat ini tim Lapan bersama NSAU sedang merperbaiki tabung motor dan nosel roket RX-550 yang gagal pada beberapa kali percobaan.
“Untuk desain tetap dari kami. Mereka membantu pengembangan lainnya,”
Bahan baku untuk roket pun sudah dipersiapkan dan direncanakan roket RX-550 akan diuji statis kembali pada semester 2 tahun 2014. Untuk sementara, nosel dan tabung roket akan diuji terlebih dahulu menggunakan roket yang lebih kecil seperti RX-420 ke bawah.
Sayangnya, saat ini alat-alat yang dipakai Tim Lapan sudah banyak yang tidak layak. Berbeda dengan dengan di NSAU, Rika mengaku tim Ukraina sangat dibantu pemerintahnya melalui anggaran yang besar, fasilitas yang memadai dan alat-alat bagus.
RX 550 Lapan
RX 550 Lapan

Meski kepedulian pemerintah dalam Research and Development (R&D) peroketan belum maksimal, Rika bersama tim optimis bisa mengharumkan nama bangsa melalui RX-550.
“Anggaran belum maksimal Mas. Banyak alat-alat yang harus diganti. Ada beberapa peralatan yang harganya mahal. Tim kita yang di Ukraina banyak belajar dengan teknologi yang lengkap di sana. Tapi kita tetap yakin roket ini akan berfungsi untuk negara kita,”
Apakah roket ini akan digunakan juga untuk pembuatan rudal balistik?. Saat ini tim Lapan menurut Rika, masih mengembangkannya. Mereka akan tetap fokus untuk keberhasilan roket. Masalah penggunaan roket, bisa dibahas setelah roket RX-550 berhasil meluncur.
“Apakah akan digunakan untuk pertahanan negara atau pengorbit satelit, kita belum tahu. Karena fokus kita untuk keberhasilan roket karya anak bangsa ini,”
Roket RX-550 Lapan
Roket RX-550 Lapan

RX-55- adalah roket berdiameter 550 mm dengan panjang 6 meter dan merupakan penyempurnaan dari roket sebelumnya yakni RX-420. Roket berbahan bakar hydroxyl toluen poly butadiene (HPTB) ini dapat mencapai ketinggian 150 km dan daya jangkau di atas 200 km. Untuk pengembangannya, roket ini didanai sebesar Rp. 5 milliar.
Pada tahun 29 September 2012 silam, RX-550 diuji statis di stasiun pengamatan dirgantara Lapan, Pameungpeuk, Garut – Jawa Barat. Sayangnya, uji statis ini mengalami masalah pada desain struktur nosel tidak kuat menahan tingginya suhu pembakaran dan berakibat lepasnya material nosel sebelum pembakaran propelan. (written by Jalo)
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar