Senin, 27 Agustus 2012

KRI SURABAYA-591 Tolak Menuju Jakarta, Dukung Sail Morotai 2012

SURABAYA-(J-D-I) :KRI Surabaya 591, unsur LPD Satuan Kapal Amfibi Komando Armada RI Kawasan Timur (Satfib Koarmatim) bertolak dari Dermaga Semampir Barat, Ujung Surabaya Sabtu (25/8) menuju Dermaga JICT 2 Jakarta dalam rangka mendukung kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari III (LNRPB-III) Sail Morotai 2012. Upacara pelepasan peserta LNRPB III akan dilaksanakan di Dermaga JICT 2 Jakarta pada Selasa, 28 Agustus 2012.

Kegiatan LNRPB-III yang diprakarsai oleh TNI AL  merupakan kegiatan para remaja dan pemuda  mengikuti pelayaran dengan menggunakan KRI, sudah berjalan selama kurun waktu  dua kali periode yang awalnya dilaksanakan pada waktu Sail Banda tahun 2010 dilanjutkan dengan Sail Wakatobi Belitong  pada tahun 2011. Untuk tahun 2012 ini kegiatan serupa akan dilaksanakan kembali dan bertempat di Morotai, Provinsi Maluku Utara  Kegiatan ini merupakan kegiatan Nasional yang  didukung dari Kementerian dan Lembaga terkait antara lain Kemenkokesra, Menkopolhukam, Menko Perekonomian,  Kemenegpora, Kemendiknas, Kemenag, Kemenkes, Kemenbudpar, Kemenlu, Kemen KP, Kemendagri, Kemenhub, TNI-AL, BKKBN,  LIPI dan BMKG.

Selama pelayaran para remaja dan pemuda akan dibekali dengan beberapa materi kegiatan Pendidikan Kejuangan, Ketahanan Nasional,  Bela Negara, Pembangunan Karakter Bangsa, Wawasan  Kebangsaan, Agama dan kegiatan sosial interaktif kepemudaan lainnya.

Dalam apel kelengkapan KRI Surabaya 591 di dermaga Semampir Barat,Ujung Surabaya Komandan KRI Surabaya-591 Lekol Laut (P) Joni Sudianto mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki arti penting untuk membina pemuda yang Kreatif, Produktif dan Dedikatif serta bertanggungjawab terhadap pembangunan dan mempertahankan bangsa dan negara dalam bidang kebaharian untuk kesejahteraan rakyat yang beraklak mulia. Selain itu juga memberikan Visi, Semangat dan  Mental serta kesempatan kepada para remaja, pemuda , pelajar dan  mahasiswa seluruh Indonesia untuk lebih mengenal dan mencintai alam bahari Indonesia serta ikut serta dalam bela negara serta menjaga  batas wilayah kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dikatakan oleh Komandan KRI SBY-591, bahwa kegiatan pelayaran LNRPB ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menciptakan remaja dan pemuda sebagai cikalbakal pemimpin dimasa yang akan datang dan ikut berperan aktif, kreatif dan mempunyai semangat, cara pandang yang nyata serta  mempunyai jiwa bela negara dalam menyelesaikan masalah sosial kemasyarakatan maritim serta mendorong para remaja dan pemuda dan generasi  muda serta masyarakat untuk melakukan pengembangan konservasi bidang kebaharian, mengeluarkan minat, bakat dan kemampuan untuk melakukan edukasi, sosialisasi serta penyampaian  nilai-nilai kebaharian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Oleh sebab itu, saya menginginkan dan memerintahkan kepada seluruh perwira dan ABK KRI agar mendukung kegiatan ini dengan serius dan penuh tanggung jawab, “ tegas Komandan KRI SBY-591.
Sumber :  KLIK DISINI AJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar