Kamis, 30 Agustus 2012

MBT LECLERC, TANK PERTEMPURAN UTAMA PRANCIS.

Jihad-Defence-Indonesia - Artileri: Sekilas tentang MBT (Main Battle Tank) kendaraan tempur Angkatan Darat hampir di seluruh dunia mempunyai kendaraan tempur kelas berat yang dinamakan MBT, MBT yang paling dikenal atau diminati oleh Angkatan Darat di dunia hanya ada dua, Tank buatan Amerika adalah MBT M1 Abrams dan Tank Buatan Jerman adalah MBT Leopard 2 . MBT dari kedua negara ini sama-sama memiliki berat diatas 60 Ton, kendaraan tempur yang sangat berat yang dimiliki oleh Pasukan Angkatan Darat di dunia yang memilikinya. sehingga menjadi suatu ancaman yang nyata bagi pasukan Infanteri dan Kavaleri Angkatan Darat jika sedang berhadapan dengan si monster Darat ini, yang akan mengintai keselamatan para Pasukan Angkatan Darat, tatkala kendaraan tempur kelas berat ini makin mendunia dan laris bagi peminat yang ingin memilikinya, siapa yang ingin memiliki kendaraan tempur kelas berat ini harus mengeluarkan dana yang cukup besar . contoh harga MBT M1 Abrams di banderol sekitar $ 8.580.000 harga yang di  tetapkan pada tahun 2012 dan selalu mengikuti inflasi, jika inflasi naik, maka harga MBT M1 Abrams juga menaik drastis. kali ini saya mengulas sebuah tulisan mengenai kendaraan tempur kelas berat yang dimiliki oleh Angkatan Darat Prancis, selamat membaca.
Tank Tempur Utama (MBT) Leclerc dibuat oleh Giat Industries (sekarang Nexter System), dioperasikan oleh Angkatan Darat Perancis dan Angkatan Bersenjata Abu Dhabi dari Uni Emirat Arab. Tank Leclerc beroperasi pertama kali bersama Angkatan Darat Perancis pada tahun 1992 dan dengan UEA pada tahun 1995. Pada tahun 1998, sistem kontrol, mesin dan perangkat lunak tank Leclerc MK2 ditingkatkan kemmapuannya (
upgrade).

Sebelumnya Angkatan Darat Perancis memiliki 354 Leclerc dalam layanannya dan pada September 2001 pemerintah Perancis memerintahkan penambahan 52 tank Leclerc, total sekarang Perancis memiliki 406 unit tank Leclerc plus 20 kendaraan lapis baja recovery (pengiriman selesai pada Oktober 2007).
Tank Leclerc dioperasikan oleh Angkatan Darat Perancis dan Angkatan Bersenjata UEA

Perintah pemesanan 390 tank Leclerc dan 46 kendaraan lapis baja recovery telah dikeluarkan oleh UEA. Pengiriman tank telah selesai pada Mei 2004 dan pengiriman dari kendaraan lapis baja recovery (AVR) selesai pada tahun 2008.


Tank Tempur Leclerc - Urban Operations Upgrade

Pada bulan Juni 2006, Nexter meluncurkan tank Leclerc yang dioptimalkan untuk urban operations(operasi perkotaan). Leclerc jenis ini dilengkapi dengan Kit AZUR, yang terdiri dari perlindungan tambahan berupa side skirt dari bahan komposit, bar baju besi di bagian belakang lambung dan turret (menara/kubah) untuk perlindungan dari granat roket (RPG) dan perlindungan tambahan pada mesin terhadap bom petrol.

Pada awal 2011, Nexter menandatangani perjanjian dengan International Golden Group untuk memasok kit AZUR untuk tank Leclerc Angkatan Bersenjata UEA.

Tank Leclerc menembakkan meriam 120mm


FINDERS, Sistem Manajemen Pertempuran

Tank Leclerc dilengkapi dengan sistem manajemen pertempuran FINDERS (fast information, navigation, decision and reporting system), yang dikembangkan oleh Nexter System. FINDERS menampilkan peta berwarna yang menunjukkan posisi tank, sekutu, target, kekuatan musuh dan juga dapat digunakan untuk perencanaan rute dan misi.

Angkatan Darat Perancis juga telah memilih Nexter untuk melengkapi tank Leclerc-nya dengan Sistem Informasi Terminal (TIS) yang disebut dengan Icone (ergonomic communications and navigation interface). Tahap awal kontrak tersebut adalah untuk melengkapi lebih dari 100 tank Leclerc.

Kompartemen komandan pada Leclerc dengan sistem manajemen pertempuran FINDER

TIS ini dikembangkan oleg Nexter System bersama-sama dengan EADS Defense Electronics Systems. Ini memungkinkan untuk pertukaran data digital termasuk situasi taktis dan perintah grafis yang ditampilkan pada peta, antara kendaraan dengan higher level command.


Persenjatan

Leclerc dilengkapi dengan meriam kaliber 52-120mm smoothbore dengan selongsong termal dan sistem referensi muzzle (moncong). Tingkat firing rate meriam ini adalah 12 putaran dalam 1 menit.

Leclerc dilengkapi dengan sistem loading, yang memungkinkan tetap menembak dalam keadaan bergerak dan untuk target yang bergerak pula. Tank ini juga dilengkapi dengan senapan mesin 12,7mm koaksial bersama dengan meriam utama dan senjata anti pesawat 7,62mm.

Meriam utama Leclerc berkapasitas 12 putaran tembak dalam 1 menit


Kontrol Tembak Digital dan Sistem Observasi

Sistem kontrol tembak digital pada tank ini memungkinkan penembak atau komandan untuk memilih enam target berbeda untuk dilumpuhkan hanya dalam waktu 30 detik. Komputer sistem digitalnya memungkinkan transfer data yang realtime dari sensor tank dan pemandangan.

Komandan tank dilengkapi dengan delapan periskop dan HL-70 stabilised panoramic sight dari SAFRAN (sebelumnya adalah SAGEM).

HL-70 meliputi laser rangefinder, day channel dan generasi kedua intensifier gambar.

Recognition range-nya berjarak 4km dan rentang ientifikasi 2,5km. Komandan juga memiliki layar yang menampilkan pemandangan termal penembak. Kompartemen penembak dilengkapi dengan gunner's main sight, tiga periskop dan unit tampilan visual. Stabilised sight penembak adalah Savan dari SAFRAN, yang terdiri dari tiga bidang pemandangan gambar termal.

Tank Leclerc menunjukkan kemampuannya selama latihan di Qatar

Kompartemen pengemudi juga dilengkapi dengan tiga periskop, dimana periskop utama penglihatan pengemudi adalah OB-60 yang dikembangkan oleh Thales Optronique (dulu Thomson-CSF), yang memilki modus siang dan malam.


Sistem Perlindungan Galix

Tank Leclerc dilengkapi dengan sistem perlindungan kendaraan tempur Galix, yang juga dikembangkan oleh Nexter bersama dengan Lacroix Tous Artifices. Sembilan tabung peluncur untuk granat 80mm dipasang di kedua sisi atap turret. Sistem Galix bisa meluncurkan asap granat anti personil dan umpan inframerah.

Nexter juga telah mengembangkan KCBM -suite defensif tambahan - yang dapat diintegrasikan ke Leclerc. KBCM meliputi peringatan laser, peringatan rudal, jammer inframerah dan sistem Galix dan dapat diintegrasikan dengan sistem FINDERS. Angkatan Darat Perancis telah mengevaluasi semua sistem ini dan tidak ada masalah.

Leclerc mampu menembak target bergerak dan dalam keadaan bergerak


Mesin Diesel SACM V8X-1500 Hyperbar

Tank Leclerc dilengkapi dengan mesin diesel SACM V8X-1500 Hyperbar yang mampu menghasilkan 1500 hp (tenaga kuda) pada 2.500 rpm. Sistem manajemen elektroniknya disediakan oleh SAFRAN. Transmisi otomatis SESM ESM 500 meliputi unit transmisi hidrostatik, lima gigi maju dan dua gigi mundur. Mesin Leclerc ini dilengkapi dengan turbin gas tekanan tinggi Suralmo-Hyperbar. Dengan mesin ini, Leclerc mampu mencapai kecepatan hingga 70km/jam.

Tank ini juga dilengkapi dengan satuan daya tambahan Turbomeca TM-307B gas turbine. Sistem suspensinya hydropneumatic disediakan oleh Societe d'Applications des Machines Motrices (SAMM).

Tank Leclerc menunjukkan kemampuan manuvernya


Tank Leclerc "Tropicalised" UEA

Tank Leclerc Tropicalised dibuat khusus untuk beroperasi di iklim tropis dan gurun untuk memenuhi kebutuhan dari UEA. Sebuah unit Powerpack dan unit tenaga tambahan diesel telah terpasang dan lambung diperpanjang di bagian belakang untuk mengakomodasi Powerpack dan tangki bahan bakar yang lebih besar. Euro Powerpack meliputi mesin diesel MTU 883 V-12 yang juga menghasilkan 1.500 tenaga kuda, ditambah dengan transmisi otomatis Renk HSWL295 TM.

Untuk versi ini dan versi ekspor, Nexter telah mengembangkan manajemen peralatan tempur khusus (LBME), masih turunan dari FINDERS. HL-70 komandan telah diganti dengan HL-80.

Tank Leclerc Tropicalised dengan meriam 120mm-nya


Leclerc NGRV, Generasi Baru Kendaraan Recovery

Generasi baru Leclerc khusus kendaraan recovery (NGRV) memiliki lambung yang lebih panjang dengan tujuh pasang roda.

Sebuah pisau hidrolik dioperasikan pada bagian depan tank untuk memuluskan jalan di medan perang. Kendaraan ini dilengkapi dengan derek hidrolik untuk mengangkat beban 30 ton dan kabel tarik 180 meter untuk bobot 35 ton. Kedua sistem ini dipasok oleh Rheinmettal  Landsystemes GmbH.

Tank Leclerc MK2 dengan upgrade perangkat lunak mesin dan sistem kontrol,
memasuki produksi pada tahun 1998

Tank Leclerc dilengkapi dengan snorkel untuk melewati medan air dengan kedalaman 4m

  
SPESIFIKASI
Kru
3
Produsen
Giat Industries (sekarang Nexter Systems)
Operator
Angkatan Darat Perancis dan Angkatan Bersenjata UEA
Panjang
6,9m
Panjang keseluruhan
9,9m
Lebar
3,7m
Tinggi
2,5m

Sumber Bacaan : KLIK DISINI AJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar