Rabu, 29 Agustus 2012

TNI-AL GELAR OPERASI BHAKTI SURYA BHASKARA JAYA LXI/2012

Jihad-Defence-Indonesia - JAKARTA :Dalam rangka Sail Morotai 2012, TNI Angkatan Laut menggelar Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXI/2012, yang ditandai dengan upacara pelepasan di dermaga Jakarta International Container Terminal (JITC), Pelabuhan tanjung Priok, Selasa (28/8). Berindak selaku inspektur upacara Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, dan sejumlah menteri di jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno dan Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H. M.Hum.

Pada kesempatan itu Menkokesra menyematkan tanda peserta kepada empat Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Sail Morotai tahun 2012, yaitu Satgas Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXI/2012, Satgas Ekspedisi Bhakti Nusantara ke-3, Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara ke-3 serta Satgas Ekspedisi Riset Kelautan 2012.

Selanjutnya Menkokesra melepas keberangkatan empat kapal yang tergabung dalam Satgas Terpadu Sail Morotai 2012. Satgas Operasi Bhakti (SBJ) LXI/2012, menggunakan kapal perang rumah sakit KRI dr. Soeharso-990 dari jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim, Satgas Ekspedisi Bhakti Nusantara ke-3, menggunakan kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD), KRI Banda Aceh-593, dari jajaran Kolinlamil Jakarta, Satgas Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara ke-3, menggunakan KRI Surabaya-591 dari Jajaran Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmatim serta Satgas Ekspedisi Riset Kelautan 2012 menggunakan kapal riset milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi  (BPPT) yaitu, KM. Baruna Jaya.


Melalui Sail Morotai 2012, Koarmatim ikut berperan serta melalui kegiatan Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya LXI /2012 (SBJ LXI/2012) di wilayah Lantamal VI dan Lantamal IX dengan kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan di Takabonerate, Bacan, Ternate dan Morotai sebagai acara puncak Sail Morotai pada hari Sabtu, 15 September 2012 mendatang.

Satgas SBJ LXI/2012 melibatkan satu kapal Rumah Sakit KRI dr. Soeharso-990 dan satu Helikopter dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda Surabaya. Sedangkan pasukan yang terlibat sebanyak 594 personel gabungan dari Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim, Dinas Kesehatan (Diskes), Dinas Potensi Maritim (Dispotmar), Dinas Hukum (Diskum), Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim, Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmatim dan Batalyon Zeni 1 Marinir Surabaya.
Operasi bhakti sosial dan kesehatan ini melibatkan tenaga medis dari Batalyon Kesehatan (Yonkes) 1 Marinir, Rumah Sakit dr. Ramelan Surabaya, Rumkit Marinir Gunugsari dan Lembaga Kesehatan Kelautan (Lakesla) Surabaya. Pelaksanaan operasi bhakti oleh TNI AL tersebut juga didukung oleh 127 pesonel Pangkalan Angakatan Laut (Lanal) Ternate dan 21 personel dari Lanal Morotai

Daerah sasaran SBJ LXI/2012 meliputi wilayah, Bonerate Propinsi Sulawesi Selatan, Labuha, Ternate dan Morotai di Propinsi Maluku Utara. Satuan tugas SBJ LXI/2012 memiliki tiga tugas pokok yaitu, pelayanan kesehatan, bhakti sosial dan pelayanan masyarakat. 
Rencananya, Satgas SBJ LXI/2012, program pelayanan Kesehatan akan menangani sebanyak kurang lebih 7.000.000 pasien terdiri dari pasien bedah mayor dan minor, Vasextomi/Tubextomi, kesehatan umum, kesehatan gigi, khitan, klinik ibu dan anak serta pelayanan KB.
Kegiatan bhakti sosial dilaksanakan oleh Pasukan Marinir dari Yon Zeni 1 Marinir Surabaya, dibawah Unsur Tugas (UT) Sarana dan Prasarana (Sarpras). UT Sarpras akan merehabilitasi sebanyak 21 tempat, berupa sarana umum,  tempat ibadah dan Poliklinik Desa (Polindes). Guna menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan masyarakat, UT Humas melaksanakan, pemutaran film, pentas musik serta olah raga bersama.


Sementara itu petugas medis melaksanakan penyuluhan bidang kesehatan diantaranya, penyuluhan tentang pola hidup dan lingkungan sehat, bahaya penyakit HIV/AIDS dan penyakit menular dan Hiperbarik. Sedangkan petugas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), mengadakan penyuluhan tentang keluarga sejahtera melalui program KB. 
Unsur Tugas pelayanan masyarakat, melaksanakan penyuluhan bidang Potmar meliputi, sosialisasi peran dan tugas TNI AL serta pentingnya pendidikan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), penyuluhan bidang hukum dan bela negara. Kegiatan lainnya adalah penyerahan bahan-bahan kontak berupa jaring nelayan, alat kesehatan, peralatan olah raga, buku dan perlengkapan sekolah, alat musik dan kitab suci.

Satgas SBJ LXI/2012 juga menyalurkan sejumlah bantuan dari kementerian kesehatan RI (Kemenkes), Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal), Pundi Amal SCTV, Dexa Medica, Alumni ITB 75, Lion Club, Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia serta bantuan dari SMP 160 No. 94 Cegar, Cipayung, Jakrta Timur.

Operasi Bhakti SBJ LXI/2012 bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka pembangunan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat lokal, khususnya masyarakat yang berada di pesisir pantai serta pulau–pulau kecil. Sedangkan kegiatan Sail Morotai tahun 2012 dilaksanakan untuk mempromosikan potensi pariwisata yang berada di wilayah Morotai. 
Sumber : KLIK DISINI AJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar