Rabu, 27 Februari 2013

ARMADA KAPAL PERANG IRAN LINTASI SELAT MALAKA

Angkatan Laut Iran (Foto: AFP)

Jihad-Defence-Indonesia - TEHERAN  : Pemimpin Angkatan Laut Iran Laksamana Habibollah Sayyari, menyebutkan armada kapal perangnya baru saja melewati perairan Selat Malaka. Peristiwa itu merupakan yang pertama kalinya sejak terjadinya Revolusi di Iran pada tahun 1979 lalu.

“Untuk pertama kalinya sejak revolusi Iran, kapal perang kita dapat melewati Selat malaka,” ujar Sayyari seperti dikutip Press TV,Senin (25/2/2013).

Armada kapal perang yang meintasi Selat Malaka itu terdiri dari kapal destroyer, Sabalan, dan kapal pengangkut helikopter, Kharg. Armada tersebut berlayar melintasi Samudera Hindia dan Pasifik dalam rangka lawatan persahabatan ke Sri Lanka dan China. 

Setelah melewati Selat Malaka, armada tersebut akan menuju pelabuhan Zhianjagang di China. Lalu dalam perjalanan pulangnya armada itu akan bersandar di Pelabuhan Kolombo di Sri Lanka.

“Lawatan tersebut merupakan bentuk pesan persahabatan dari Iran kepada China dan Sri Lanka,” lanjut Sayyari.

Saat ini Iran memang sedang berusaha untuk meningkatkan pengaruhnya di kawasan laut Asia. Kebijakan itu bertujuan untuk melindungi rute pelayaran yang seringkali dilewati oleh kapal-kapal Iran.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar