Senin, 13 Agustus 2012

SONAR 2087 - SONAR PEMBURU KAPAL SELAM TERBAIK DI DUNIA

Latihan Arabian Shark

Westminster adalah salah satu dari tujuh kapal tipe 23 yang dilengkapi dengan sonar 2087, sebuah sistem yang memungkinkan berbagai kapal frigat untuk memburu kapal selam terbaru pada jarak yang cukup jauh dan menemukan lokasinya yang diluar jangkauan sonar konvensial, dimana mereka dapat melancarkan serangan.

Kapal frigat jenis ini juga membawa helikopter Marlin yang dilengkapi dengan  sonar Thales Flashdipping. Kombinasi sonar 2087 dan sonar Flash menjadikan kapal tipe 23 ini sebagai kapal frigat anti kapal selam yang paling tangguh saat ini. 
Sistem 2087 adalah sonar aktif frekuensi rendah, yang terdiri dari array sonar aktif maupun pasif. Sistem sonar ini diproduksi oleh Thales di Inggris (Cheadle Heath di Manchester dan Templecombe di Somerset) dan Perancis (Brest).

Selama latihan, Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengemukakan bahwa Westminster sebagai frigat dengan helikopter yang terbaik untuk memburu kapal selam (sebuah helikopter Marlin dari Skuadron Udara Angkatan Laut Inggris) dan sebagai kapal selam dengan sonar terbaik di dunia untuk berburu kapal selam - Sonar 2087.

Duo kapal perang Inggris ini bergabung dengan kapal perang dari Amerika Serikat, Arab Saudi dan Pakistan untuk latihan yang telah diselenggarakan di wilayah Timur Tengah secara teratur dalam dekade terakhir. Latihan ini melibatkan kapal permukaan ASW yang mencoba untuk menenggelamkan kapal-kapal pemburu kapal selam, sambil menjaga kapal-kapal selam yang diburu. Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk memperkuat hubungan militer dan meningkatkan teknik perang bagi semua angkatan laut yang terlibat.  

Thom Hobbs, pejabat kepala Warfare Westminster (underwater) mengatakan "Arabian Shark" (nama latihan) merupakan aksi internasional yang signifikan yang menjadikan ikatan kuat antara negara-negara peserta. "Kami bekerjasama untuk menjaga keamanan dan stabilitas di laut."

Phil naybour, kepala Thales Inggris mengatakan: "Thales dengan bangga menjadi pemasok utama sonar untuk berburu kapal selam ke Angkatan Laut Inggris."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar