Jumat, 09 November 2012

Di PRJ Ada 'Perang' Rudal Anti Tank

Indo Defense 2012

http://m.itoday.co.id/timthumb.php?src=http://www.itoday.co.id/images/stories/itoday-images/rudal.jpg&h=auto&w=140&a=tlJihad-Defence-Indonesia - Tak bisa dipungkiri, ajang pameran Indo Defense 2012 yang diselenggarakan di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta 7-10 Nopember 2012. Salah satu persaingan yang ada pameran senjata itu adalah perang mendapatkan kontrak pengadaan alat utama system senjata jenis Anti Tank Guided Missile (ATGM).

Di lokasi pameran, ada beberapa perusahaan perwakilan negara asing membawa produk andalannya, seperti SAAB Swedia yang membawa RBS-70, Rosonboron Exports Rusia yang membawa beberapa varian ATGMnya seperti Kornet EM, MBDA yang membawa Millan dan Eryx, Ukraina, dan Belarusia yang membawa ATGM SKIF D dan lainnya.

Dari banyak perusahaan yang menawarkan produknya, itoday, Kamis (8/11) sempat berbicang-bincang dengan dua negara produsen ATGM asal Belarusia dan Rusia mengenai ATGM yang dibawanya.

Kelebihan SKIF D adalah memiliki dua launcher yang dapat menembakan dua rudal secara bergiliran dalam jenjang waktu yang sangat singkat," jelas Deputy Chief of High Power Radiation Sources Department Belarusia, Polonevitch Alexander, kepada itoday.

Alexander juga menjelaskan kelebihan lain dari SKIF D yang dapat ditembakan secara otomatis dari jarak jauh, dengan menggunakan sebuah perangkat berbentuk seperti laptop yang dilengkapi joystick untuk menggerakan tube launcher dan layar untuk melihat hasil pencitraan kamera yang terdapat di launcher.

"Dengan kendali otomatis jarak jauh ini, prajurit tidak akan mendapatkan serangan balik akibat harus memanggul ATGM tersebut yang memancarkan jejak laser untuk penunjuk rudal yang ditembakan, ujarnya.

Di sisi lain, Rosonboron Exports dari Rusia mengunggulkan system anti tanknya yang bernama Kornet EM, dimana salah satu kelebihannya adalah jarak tembaknya yang mencapai 10.000 meter atau setara 10 km, dengan ketepatan sasaran mencapai 97-98 persen, tergantung dari besaran targetnya sendiri.

Kornet EM sendiri terkenal dengan kemampuannya yang sudah battle proven di pertempuran, dimana Mujahidin Hizbullah pernah menggunakan ATGM ini untuk menghancurkan Main Battle Tank (MBT) milik Israel, Merkava. Padahal, Merkava adalah salah satu MBT terbaik di dunia.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar