Selasa, 05 Februari 2013

PESAWAT TNI-AU GAGAL TAKE OFF DI PEKANBARU



Jihad-Defence-Indonesia - PEKANBARU : Inilah jadinya bila pesawat milik TNI AU batal mengangkasa karena mengalami gangguan teknis di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat komersial menjadi terganggu.

Informasi dari pihak Bandara SSK II Pekanbaru, pesawat itu bersiap terbang sekitar pukul 13.30 WIB. Sang pilot pun sudah membawa pesawat yang tak disebutkan jenisnya itu menuju runway. Namun tiba-tiba pesawat berhenti di ujung runway.

"Karena evakuasi butuh waktu, maka bandara untuk sementara ditutup selama 20 menit," kata petugas bandara yang enggan disebut namanya kepada detikcom, Selasa (5/2/2013).

Pesawat Garuda dan Lion tujuan Jakarta terpaksa harus menunda keberangkatannya. Sementara dua pesawat yang datang, Garuda dari Jakarta dan Wings Air dari Batam, hanya berputar-putar saat evakuasi berlangsung.

Setelah beberapa lama, pesawat berhasil TNI AU itu berhasil ditarik dari runway sehingga bandara pun berangsur normal. "Pesawat sudah di apron. Sekarang semua normal," jelasnya.

Bandara SSK II terletak di kompleks yang sama dengan lanud TNI. Saat kejadian, cuaca cerah. Hujan baru turun setelah evakuasi selesai. 

Sejauh ini belum ada keterangan dari pihak TNI AU mengenai insiden ini.

TNI AU Benarkan Pesawat Gagal Take Off di Pekanbaru: Ada Masalah di Rem

TNI AU membenarkan salah satu pesawatnya mengalami gangguan di Bandara Sultan Syarif Karim (SSK) II Pekanbaru. Mereka menyebut ada masalah di rem, sehingga latihan urung dilakukan.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Pekanbaru Mayor Filfadri mengatakan, awalnya pesawat jenis Hawk-100 tidak ada masalah. Bahkan sebelum dioperasikan, pesawat sudah dicek secara keseluruhan. Semuanya normal.

"Belum sempat terbang. Saat di landasan, mendadak ada peringatan terjadi gangguan sistem pengereman," kata Mayor Filfadri kepada detikcom melalui telepon, Sealsa (5/2/2013).

Pesawat tempur itu akhirnya ditarik ke apron. Setelah dicek, tidak ada kerusakan fatal di pesawat. "Butuh waktu 15 menit untuk mengevakuasi," katanya.

Sebelumnya, seorang petugas Bandara SSK II Pekanbaru menginformasikan pesawat TNI AU mengalami gangguan teknis di landasan. Pesawat siap berangkat pada pukul 13.30 WIB. Di landasan pesawat berhenti dan akhirnya ditarik ke apron.

Akibat kejadian ini, dua pesawat komersial mengalami penundaan keberangkatan. Dua pesawat dari Jakarta dan Batam baru bisa mendarat setelah evakuasi.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar