Rabu, 15 Agustus 2012

Sebuah Penjara Rahasia CIA Di Polandia


Polandia mengupas kembali lapisan di penjara rahasia CIA untuk tersangka teroris

 Pengunjung tidak diterima untuk mengambil path ke vila di Kiejkuty Stare, di mana CIA pernah menginterogasi tersangka Al Qaeda di utara Polandia. | Roy Gutman / MCT

 Pada sebuah danau indah yang dikelilingi oleh hutan dan dua baris mesh-dan-silet-kawat pagar sekitar 100 km sebelah utara dari Warsawa, ada berdiri sebuah villa terpencil bahwa CIA pernah digunakan untuk menginterogasi - dan diduga penyiksaan - top al Qaeda tersangka. 
Atas asas akademi-intelijen pelatihan Polandia dan dijuluki "Markus Wolf" untuk kepala mata-mata Jerman mantan Timur, itu titik fokus untuk probe rahasia bahwa jaksa Polandia telah diluncurkan ke bagaimana pemerintah mereka ditoleransi pelanggaran merajalela hukum internasional dan Polandia. 
Jika mantan pejabat yang dibawa ke pengadilan, atau jika tumpukan file diklasifikasikan di kantor-kantor kejaksaan yang dipublikasikan, hasilnya akan mengungkap sebuah operasi anti-terorisme Amerika yang rinciannya para pejabat AS sedang berjuang untuk menjaga rahasia. 
Sudah jaksa diisi Zbigniew Siemiatkowski, mantan menteri dalam negeri Polandia dan kepala intelijen, dengan penahanan yang melanggar hukum dan hukuman fisik untuk memungkinkan CIA untuk beroperasi pada Kiejkuty Stare dari Desember 2002 sampai bulan September 2003. 
Dan kantor kejaksaan telah diberikan status korban dalam kasus ke dua orang AS memegang tanpa batas di Guantanamo: Abdul Rahim al Nashiri, seorang Saudi dituduh mendalangi pemboman USS Cole di Yaman pada tahun 2000, dan Abu Zubaydah, yang oleh pemerintahan Bush pernah digambarkan sebagai pemimpin ketiga peringkat Al Qaeda tetapi yang mungkin hanya minder rumah aman. Nashiri menghadapi hukuman mati mungkin, Abu Zubaydah, yang sudah diadakan selama 10 tahun, belum diisi.

Status mereka sebagai korban berasal dari klaim bahwa mereka diculik oleh otoritas AS, membawa ke Polandia secara ilegal, disiksa, maka semangat dari Polandia ke pusat penahanan lain tanpa proses ekstradisi diperlukan secara hukum. 
Villa ini tidak bisa dilihat dari jalan utama atau melihat di Google Bumi peta. Atas permintaan pemerintah Polandia, lokasinya telah kabur, surat kabar Polandia Gazeta Wyborcza dilaporkan. 
Itulah beberapa bagian dari pemerintah Polandia ingin telah terjadi pada segala sesuatu yang terjadi di sini. 
Menurut jaksa penuntut, di sisi lain, tampaknya termotivasi untuk membawa kasus ini ke pengadilan. Penyelidikan Polandia sekarang dalam tahun kelima, telah dua kali ditugaskan kembali ke jaksa baru dan akan berlangsung setidaknya sampai pertengahan Februari, diumumkan pekan lalu. Hal ini, sampai saat ini, penuntutan hanya pidana di dunia terkait dengan apa yang disebut CIA Pemerintahan Obama telah menolak untuk menyelidiki apa yang terjadi di salah satu situs, termasuk fasilitas di Thailand, Rumania dan Lithuania "situs hitam.". 
Jaksa lambat-going, tapi serius, menurut Mikolaj Pietrzak, penasehat hukum Polandia untuk tahanan Guantanamo Nashiri. Dua jaksa, Katarzyna Plonczyk dan Janusz Sliwa, mengkhususkan diri pada kejahatan terorganisir dan kontra-terorisme dan "sangat mampu, sangat kompeten," kata Pietrzak, siapa seorang staf senior mantan dari Yayasan Helsinki untuk Hak Asasi Manusia. Biaya nya ditanggung oleh Open Society Institute Justice Initiative, sebuah yayasan AS. 
"Jaksa bekerja sangat bersemangat. Ini adalah penyelidikan yang sangat luas dan menyeluruh - yang tidak berarti itu efektif, "katanya dalam sebuah wawancara di Warsawa. "Semuanya. . . bisa dilakukan jauh, jauh lebih cepat ". 
Jaksa telah mewawancarai 62 saksi dan dikompilasi 20 volume bahan, Yayasan Helsinki kata. 
Pietrzak belum melihat semua dokumen yang telah dikumpulkan dalam kasus Nashiri itu. Dia sudah diperbolehkan untuk melihat file yang tidak berbintang di Krakow, tapi dia hanya memiliki akses singkat ke dokumen rahasia - di bawah seorang jaksa sebelumnya. Tapi apa yang dia terlihat meyakinkan dia bahwa kliennya sangat dianiaya di vila. 
"Analisis saya thesis itu telah menghilangkan setiap sedikitpun keraguan terhadap akurasi dari pernyataan yang dibuat dalam aplikasi kita" untuk status korban, katanya. 
Beberapa dari apa yang mengambil terjadi di sini sudah dikenal. Menurut dokumen AS dideklasifikasi, Nashiri diancam dengan eksekusi pura-pura dengan bor listrik dan pistol di awal tujuh bulan masa tinggal di Kiejkuty Stare. Abu Zubaydah yang waterboarded dan sasaran lain yang disebut "teknik interogasi yang ditingkatkan." 
Tahanan lain yang sangat mungkin diadakan di sini dan diperlakukan dengan cara yang hukum Polandia melarang. 
Khalid Sheikh Mohammed, arsitek menuduh dari 11 September 2001, teroris serangan, itu waterboarded 183 kali pada Maret 2003, dibuka untuk publik era Bush telah mengungkapkan dokumen. Bahwa pengobatan terjadi pada saat ia mungkin di Polandia, kata Irmina Pacho, dari "strategis litigasi" Program Foundation Helsinki. Namun Mohammed mewakili dirinya di Guantanamo, jadi tidak ada cara pengacara dapat membela dia di sini. 
Sulit untuk mengukur kemungkinan bahwa semua fakta akan diumumkan. Para elit politik Polandia jelas ambivalen tentang penuntutan mantan pejabat, dan pemerintah AS tidak bergeming semua permintaan dikenal untuk bantuan, pengacara Polandia mengatakan. Di Guantanamo, pemerintah AS bersikeras bahwa informasi tentang pengobatan Nashiri yang dirahasiakan. Pengacara Pentagon pembelaannya dan sekelompok organisasi berita Amerika yang menantang gagasan bahwa pengobatan Nashiri yang harus dianggap "rahasia" dan dirahasiakan. Hakim komisi militer akan mempertimbangkan masalah ini di Guantanamo minggu depan selama sidang dalam kasus 9/11. 
Presiden Polandia, Bronislaw Komorowski, yang disebut pada Mei 2011 untuk sebuah "penyelidikan menyeluruh" daripada alasan tentang Tapi "kesetiaan kepada sekutu." empat bulan kemudian ia menolak untuk melepaskan pendahulunya, Aleksander Kwasniewski, dari janjinya untuk menjaga rahasia mengenai masalah keamanan negara ketika jaksa ingin menanyainya. 
Kwasniewski, yang pada tahun 2008 membantah bahwa pernah ada sebuah penjara rahasia CIA di Polandia, menentang penuntutan. Dalam sebuah wawancara dengan McClatchy, ia mengatakan bahwa jika seseorang dituntut, harus orang Amerika, bukan orang Polandia. 
"Menelepon untuk menjelaskan seseorang di Polandia" untuk bekerja sama dengan AS adalah "tidak pantas , " katanya. 
Leszek Miller, kiri -tengah Perdana Menteri pada saat pusat CIA yang beroperasi, telah menolak untuk mengomentari penjara rahasia. Tapi Donald Tusk, hak-tengah arus perdana menteri, pembicaraan yang sulit. 
"Ini bukan abad ke-19, dan ini bukan Bantu-stan," katanya pada akhir Maret, setelah Siemiatkowski didakwa "Kasus ini. memiliki untuk diselesaikan. Janganlah ada keraguan tentang itu baik di Polandia atau di sisi lain dari laut ". 
Untuk Tusk, saat kebenaran sudah dekat. Bulan lalu, Pengadilan HAM Eropa memerintahkan Polandia untuk menjelaskan dengan September 5 mengapa Nashiri dan Abu Zubaydah telah diberi status korban dan untuk memberikan pengadilan dengan semua perjanjian yang berkaitan dengan pengaturan dari apa pengadilan disebut "rahasia CIA penjara" di wilayah Polandia. 
Namun, ada banyak yang diketahui tentang apa yang terjadi di para Markus Serigala villa: peran kontraktor luar dalam sehari-hari penjara operasi, diskusi antara badan-badan intelijen yang mengarah pada pembentukan penjara dan apa yang orang Polandia yang diterima sebagai imbalan, jika ada, untuk memungkinkan situs hitam untuk beroperasi. 
Bukti muncul sepotong-sepotong, dalam laporan surat kabar, dalam ujaran samar dari jaksa dan dalam wahyu-wahyu Jozef Pinior, anggota Senat Polandia dan Parlemen Eropa, siapa politisi salah satu senior yang sudah konsisten memperjuangkan kasus ini. Pada bulan Juni, ia mengatakan ia pernah melihat perintah untuk membangun sebuah kandang besi dan mengirimkannya ke vila. 
anekdot Nya terbaru tentang penjara CIA berpusat pada catatan yang dilihatnya dari pejabat intelijen Polandia ke personel CIA di kompleks intelijen. Ia mendesak mereka untuk tidak membuang kielbasa lagi atau sosis Polandia di tempat sampah, jangan sampai orang berpikir bahwa Muslim ditahan di Kiejkuty yang Stare vila "Ini adalah pesan yang jelas bagi orang-orang di desa bahwa orang-orang ditahan di sana.". 
Wartawan Adam Krzykowski, yang pada 2009 menemukan banyak catatan penerbangan dan hard disk komputer yang telah menghindar peneliti sebelumnya, memperkirakan bahwa enam sampai delapan tersangka, di 11 besar, ditahan di Kiejkuty Stare. Secara keseluruhan, ada tujuh khusus CIA penerbangan ke Szymany , sebuah bandara sekitar 15 mil jauhnya, menurut catatan penerbangan Krzykowski muncul, dengan yang pertama tiba dari Bangkok pada 5 Desember 2002, dengan tujuh penumpang, dan yang terakhir keluar pada bulan September 2003 dengan lima penumpang. 
Ironisnya, kunjungan resmi ke Polandia oleh Presiden George W. Bush pada bulan Juni 2003 yang menyebabkan penutupan berkat vila Bush. untuk kerja sama Polandia dalam perang melawan terorisme adalah "sangat berlimpah" bahwa presiden Polandia, Kwasniewski, menyadari "ada sesuatu yang tidak benar, "melaporkan Gazeta Wyborcza pada bulan Juni 2011 Ia memerintahkan penyelidikan,. dan pada belajar bahwa CIA terbang ke Polandia tersangka untuk diinterogasi, memerintahkan pusat interogasi tertutup. 
Dimana penuntutan pergi dari sini tidak jelas. Pietrzak, Polandia Nashiri yang pengacara, berpendapat pemerintah Tusk ingin merangkai proses. "Jika mereka tetapkan seseorang akan ada letusan," katanya. 
Tetapi yang lain berpikir bahwa bagaimanapun lama waktu yang dibutuhkan, penyelidikan Polandia tidak akan pergi. 
"Untuk lebih baik atau lebih buruk, telah terjadi kebocoran terlalu banyak tentang apa yang terjadi di dalam penuntutan itu, "kata Crofton Hitam, peneliti senior di Reprieve advokasi kelompok tahanan Inggris." Bahkan jika bukan sangat sulit untuk pergi pada tahap ini, sehingga banyak dokumen telah dikirim ke atau dilihat oleh jaksa, begitu banyak berada dalam domain publik. Kucing itu keluar dari kantong sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar