Kamis, 18 Oktober 2012

KRI DAN TANK AMFIBI MARINIR HANCURKAN PANTAI SANGATTA

jaya-sub-1

SANGATTA-(IDB) :Tembakan puluhan kapal perang RI dalam titik pencar  dengan formasi diagram serbuan  melaksanakan  perlindungan dan bantuan tembakan kapal (BTK)  serta Serangan Udara Langsung (SUL) secara terjadwal dari pesawat udara berhasil  menghancurkan sasaran daerah operasi  yang disimulasikan pada saat manuver lapangan  di pantai  Sangatta Kalimantan Timur .

Serangan dengan tembakan meriam kapal dan senjata berat tersebut dilaksanakan  guna mendukung debarkasi untuk peluncuran  sejumlah kendaran tempur marinir dan kekuatan pasukan pendarat   dari tank deck sejumlah  kapal perang RI  jenis LST,Froch dan LPD  serta heli Bell dan Bo-105  disaksikan secara langsung oleh Kepala Staf  Angkatan laut  (Kasal) Laksamana TNI Soeparno beserta para Asisten Kasal dan para Pangkotama TNI AL.

Pelaksanaan  manuver lapangan Latihan Armada Jaya XXXI/2012 , di daerah sasaran amfibi  secara langsung melaksanakan serbuan amfibi di pantai pendaratan,dan merebut sasaran Komando Tugas Gabungan Laut (Kogasgabfib)  dan sasaran pasukan pendarat (Pasrat) dengan GKK lintas permukaan dan lintas heli untuk membentuk tumpuan pantai. 
Pendaratan pasukan pendarat secara besar-besaran setingkat brigade  tersebut dibawah Komandan Pasukan Pendarat Brigjen (Mar) R Gatot Suprapto yang sehari-hari menjabat Komandan Pasukan Marinir (Pasmar) 1 dengan markas di Surabaya.

Sejumlah  puluhan tank amfibi PT-76, AMX 10 –PAC , tank BMP-3F,Kapa,LCVP,LCU  ,perahu karet, sea reder  dan  persenjataan berat dengan kekuatan pasukan  setingkat brigade pasukan Marinir   melaksanakan serbuan dan  penembakan terhadap  beberapa titik sasaran pasukan pendarat dan berhasil menguasai tumpuan pantai.

Sementara Unsur  kapal perang RI jenis angkut pasukan yang mengangkut pasukan pendaratan administrasi   telah tiba di daerah operasi perairan pantai Sanggatta Kalimantan Timur. Selanjutnya  melaksanakan pendaratan administrasi dengan debarkasi atau menurunkan  pasukan dalam rangka persiapan operasi pelintasan Komando Tugas Gabungan Darat di Sangatta Kalimantan Timur.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar