Selasa, 06 November 2012

PRESIDEN RUSIA-PUTIN PECAT MENTERI PERTAHANAN RUSIA ATAS SKANDAL KORUPSI

Jihad-Defence-Indonesia - MOSCOW : Presiden Rusia Vladimir Putin hari ini memecat Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov terkait skandal korupsi. Ini merupakan perubahan paling dramatis dalam pemerintahan Rusia sejak terpilihnya kembali Putin untuk periode jabatan ketiga.

Putin menggantikan Serdyukov dengan Sergei Shoigu, gubernur wilayah Moskow yang merupakan sekutu lama Putin.

Serdyukov diturunkan dari jabatannya demi berjalannya penyelidikan atas kasus dugaan penipuan properti senilai US$ 100 juta di sebuah perusahaan induk di bawah Kementerian Pertahanan.

"Dengan mempertimbangkan situasi di sekitar Kementerian Pertahanan, saya telah membuat keputusan untuk membebaskan Menteri Pertahanan Serdyukov dari jabatannya guna menciptakan kondisi untuk penyelidikan yang obyektif atas semua isu," kata Putin seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (6/11/2012).

Para penyidik Rusia pada 25 Oktober lalu melakukan pemeriksaan di kantor-kantor perusahaan induk Kementerian Pertahanan terkait skandal korupsi tersebut. Atas kejadian itu, Serdyukov langsung dipanggil menghadap Putin. Hal ini menimbulkan spekulasi akan masa depannya.

Serdyukov diangkat menjadi Menteri Pertahanan Rusia pada tahun 2007. Dengan pengangkatan tersebut, dia menjadi warga sipil pertama yang menjadi Menteri Pertahanan pasca era Uni Soviet. Dengan jabatannya itu, mantan sales furnitur itu merupakan satu dari tiga orang di Rusia yang memiliki kode akses peluncuran nuklir negeri itu.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar