Kamis, 23 Mei 2013

BELI SENJATA KE INDIA, AFGHANISTAN BUAT KESAL PAKISTAN



Foto : Presiden Afghanistan Hamid Karzai (Reuters)

Jihad-Defence-Indonesia - KABUL : Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyerahkan daftar permintaan bantuan militer yang diinginkan negaranya ke India. Namun setiap pembelian senjata yang dilakukan Afghanistan tampaknya tidak akan disikapi dengan baik oleh Pakistan selaku negara tetangga dari dua negara tersebut.

"Kami sudah memberikan daftar permintaan yang kami ajukan ke Pemerintah India, dan saat ini, Pemerintah India akan menentukan keputusannya," ujar Karzai yang sedang berkunjung ke India, seperti dikutip The Independent, Rabu (22/5/2013).

Karzai pun mengakui, keterlibatan India dalam program militer Afghanistan akan menuai kekhawatiran Pakistan yang memiliki hubungan renggang dengan negaranya. Namun Karzai mencoba menjelaskan ke Pakistan bahwa hubungannya dengan India tidak akan ditujukan untuk memojokkan Pakistan.

"Afghanistan adalah negara berdaulat dan seperti halnya negara berdaulat yang lain, kami memiliki hak untuk memilih rekan kerja kami," tutur Karzai.

"Pakistan adalah tetangga kami yang sangat dekat, dan warga Pakistan telah memberikan kami sebuah tempat perlindungan selama 30 tahun. Dan India merupakan kawan, sekaligus sekutu lama Afghanistan," lanjutnya.

Menurut Karzai, di saat Afghanistan mengembangkan hubungan dengan India, Pakistan seharusnya tidak menaruh kecurigaan yang berlebih. Bantuan militer itu juga ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas militer India untuk menghadapi Taliban.

Negeri Bollywood memang memiliki program kerja sama militer dengan Afghanistan senilai miliaran dolar Amerika Serikat (AS). Dan saat ini, mereka sedang mendukung proyek rekonstruksi jalan raya dan pembangunan rumah sakit di negara tersebut. India juga melatih polisi-polisi dan militer Afghanistan. 


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar