Kamis, 23 Mei 2013

INDIA SUKSES LUNCURKAN RUDAL JELAJAH BRAHMOS DARI KAPAL PERANG



Foto : Misil BrahMos milik India (RIA Novosti)

Foto : Misil BrahMos milik India (RIA Novosti)

Jihad-Defence-Indonesia - PANAJI : India berhasil menguji coba rudal jelajah supersonik BrahMos dari kapal perang. Rudal itu melesat hingga kejauhan 290 kilometer dari tempat peluncurannya.

Rudal BrahMos diluncurkan dari kapal buatan Rusia pada pukul 11.00 waktu setempat. Rudal itu pun berhasil menghantam target serangannya.

"Peluncuran ini dilakukan oleh angkatan laut, sebagai bagian dari Uji Coba Penembakan kapal tempur," ujar Kepala BrahMos Aerospace A Sivathanu Pillai, seperti dikutip PTI, Rabu (22/5/2013).

Kapal yang digunakan India untuk meluncurkan BrahMos adalah INS Teg, INS Trikand dan INS Tarkash. Ketiga kapal tempur itu sudah dipersenjatai dengan misil BrahMos sebagai senjata utamanya. Rudal-rudal itu diklaim bisa menghancurkan kapal perang berukuran besar dan juga kapal selam.

Pihak BrahMos Aerospace mengatakan, rudal tersebut memiliki teknologi siluman. Sehingga ketika kapal-kapal musuh tidak akan bisa mendeteksi rudal tersebut, bila diluncurkan dari dasar laut. 

Pada Maret lalu, Negeri Bollywood pun berhasil meluncurkan rudal canggih itu lewat kapal selam. Lokasi peluncuran ada di Teluk Benggala. Dengan kesuksesan itu, India resmi menjadi negara pertama yang memiliki kemampuan pertahanan yang cukup hebat. 

Program pengembangan rudal  BrahMos dijalankan oleh perusahaan pertahanan India, dan perusahaan Rusia. Kedua negara itu membentuk Perusahaan Kedirgantaraan BrahMos. 

Nama BrahMos sendiri merupakan gabungan dari nama dua sungai di India dan Rusia. Sungai itu adalah Sungai Brahmaputra dan Moskva.

Pada Oktober lalu, Menteri Pertahanan India A.K. Antony mengatakan bahwa rudal berkekuatan supersonik itu tidak akan pernah mengancam negara tetangganya seperti China maupun Pakistan. Rudal itu murni digunakan untuk pertahanan India.


Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar