Rabu, 29 Mei 2013

INDIA PERKUAT PERTAHANAN UDARA DI DEKAT SRI LANGKA


Foto : Sistem pertahanan misil India (army-technology)
Foto : Sistem pertahanan misil India (army-technology)
Jihad-Defence-Indonesia - NEW DELHI : Pangkalan udara India di Thanjavur, Tamil Nadu berniat memperkuat kapabilitas pertahanan udaranya. Lokasi basis militer itu tidak jauh dari Sri Lanka.

Menteri Pertahanan India A.K. Antony mengatakan, beberapa aset industri, ekonomi, dan kedirgantaraan akan dikirim ke wilayah seltan Negeri Bollywood itu. Oleh karena itulah, Komando Selatan India harus menyediakan perlindungan yang ekstra-ketat terhadap aset-aset tersebut.

Pangkalan militer itu juga akan melindungi wilayah India dan Jalur Komunikasi Laut di Samudera India. Seperti diketahui, Pangkalan Udara Thanjavur yang akan memperkuat kapabilitas pertahannya, adalah pangkalan udara pertama yang didirikan di Semenanjung Selatan India. 

"Skenario keamanan baru sudah muncul, kehadiran pesawat militer di Thanjavur tidak hanya akan menjaga kepentingan kita semua, namun juga melindungi negara-negara tetangga kita," ujar Antony, seperti dikutip Bernama, Selasa (28/5/2013).

Selain merupakan pangkalan udara pertama bagi militer India, Pangalan Thanjavur juga akan menjadi pangkalan utama dari Komando Angkatan Udara Selatan. Antony pun mengakui, aktivitas di wilayah Samudera India kini makin aktif, oleh karena itulah India harus terus berwaspada.

Sejauh ini, Pangkalan Udara Thanjavur menjadi rumah dari pesawat tempur SU-30 buatan Rusia. India juga menempatkan pesawat transportasi militernya yang cukup besar, pesawat tak berawak, serta radar.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar