Minggu, 26 Mei 2013

DPR-KOMISI 1 MAU PASTIKAN PESAWAT SUKHOI BARU TNI-AU SUDAH BERSENJATA



Jihad-Defence-IndonesiaJakarta : Empat unit pesawat Sukhoi pesanan TNI Angkatan Udara (TNI-AU) telah datang dari Rusia, Februari lalu. Kedatangan pesawat tempur itu menggenapkan satu skuadron yang sudah masuk dalam rencana strategis modernisasi persenjataan (alutsista) TNI-AU hingga 2014 mendatang.


Ketua Komisi I DPR-RI Mahfudz Siddiq berencana meninjau fisik dan kelengkapan pesawat tersebut. Pihaknya ingin memastikan bahwa pesawat sudah dilengkapi paket persenjataannya. Sebab, pesawat Sukhoi yang sebelumnya datang tanpa kelengkapan peluru.

"Kalau ada senjatanya, ini akan benar-benar bisa memberi efek penggentar lawan. Kalau tidak tidak ada pelurunya, sama saja itu pesawat tidak banyak memberi efek penggentar lawan. Begitu kan?" ujar Mahfudz Siddiq, Minggu (26/5).

Untuk memodernisasi alutsista, TNI-AU berupaya melengkapi pesawat tempur jenis Sukhoi di Skuadron Udara II Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 16 unit di tahun 2013. Kini skuadron tersebut sudah memiliki 14 unit pesawat jet tempur Sukhoi tipe Su-27 SKM dan Su-30 MK2 buatan industri pesawat terbang Rusia, Konsomolks-Na Amure Aircraft Production Association (KNAPO).

Berdasarkan target pada 2013, TNI-AU kini tinggal menunggu dua unit pesawat dari enam unit terakhir yang dipesan oleh Indonesia dari pabrikan Rusia. Dua unit pesawat tersebut diharapkan sudah tiba di Tanah Air pada Juni mendatang.

"Sesuai dengan perencanaan semestinya tahun 2014 baru lengkap. Namun, khusus skadron 11 yang alutsistanya pesawat tempur Sukhoi kita akan dorong di tahun 2013 sudah lengkap. Jadi ini persiapan bahwa pada 2014 pesawat sudah lengkap 16 unit dan siap mengudara semua," ujar Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddi, Kamis (18/5) saat meninjau Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Sumber : KLIK DISINI

2 komentar:

  1. Tambah lagi 14 skuadron Sukhoi famili, 6 skuadron T 50 PAK FA, tempatkan di aceh 1 skuadron sukhoi famili,di medan 1 skuadron sukhoi famili, di palembang 1 skuadron sukhoi famili, di riau atau di pekanbaru ditempatkan 1 skuadron T 50 PAK FA, di kalbar ditempatkan 1 skuadron sukhoi famili, dikalteng ditempatkan 1 skuadron sukhoi famili, dibalikpapan ditempatkan 1 skuadron sukhoi famili, di sulteng ditempatkan 1 skuadron sukhoi famili, di sulut ditempatkan 1,5 skuadron sukhoi famili, di NTT ditempatkan 2 skuadron sukhoi famili, di NTB ditempatkan 1,5 skuadron sukhoi famili,di papua ditempatkan 1,5 skuadron sukhoi famili, di halmahera 1/2 skuadron sukhoi famili, di semarang 1 skuadron T 50 PAK FA, di surabaya 1,5 skuadron T 50 PAK FA, di bandung 1 skuadron T 50 PAK FA, di jakarta 1,5 skuadron T 50 PAK FA.

    BalasHapus
  2. Jangan lupa.. pajang juga Sukhoi dihalaman rumah elu & hrs muat, klw ga muat gak di beliin!

    BalasHapus