Kamis, 31 Januari 2013

ANGKATAN LAUT CHINA LATIHAN PERANG DI WILAYAH SENGKETA



Jihad-Defence-Indonesia - BEIJING : Tiga kapal perang China dilaporkan menuju kawasan Samudera Pasifik untuk melakukan latihan militer. Pemerintah China menyebutkan kapal perang tersebut akan melewati wilayah Laut China Timur dan Laut China Selatan yang sedang dipersengketakan China dengan negara lain.

“Armada kapal tersebut akan melakukan setidaknya 20 macam latihan. Di antaranya latihan konfrontasi dan pertempuran untuk melindungi kedaulatan wilayah laut China,” sebut pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan China, seperti dikutip Reuters, Kamis (31/1/2013).

“Latihan ini akan dilakukan di wilayah Laut Kuning, Laut China Timur, Laut China Selatan, dan laut di sekitar Taiwan,” lanjut pernyataan tersebut.

China menyatakan, latihan militer tersebut merupakan program rutin yang dilakukan oleh Angkatan Lautnya. Namun sebagian pihak menduga latihan tersebut berkaitan dengan sengketa laut yang dimiliki oleh China dengan negara tetangganya.

China dijetahui memiliki sengketa dengan beberapa negara Asia Tenggara di wilayah Laut China Selatan. Selain itu China juga bersengketa dengan Jepang atas Kepulauan Senkaku yang berada di wilayah Laut China Timur.

Perekonomian China yang terus berkembang turut  memiliki andil dalan peningkatan anggaran militer Negara Tirai Bambu itu. Berlimpahnya dana membuat China dapat mengembangkan teknologi militer yang dimilikinya. Tahun lalu China berhasil membuat kapal induknya sendiri, saat ini pun China sedang mengembangkan sebuah pesawat siluman.

Perkembangan tersebut pun membuat negara-negara yang berada di kawasan menjadi khawatir akan ancaman China. Namun China menegaskan pihaknya tidak memiliki motivasi untuk melakukan ekspansi, negara komunis itu menyebutkan perkembangan militernya hanya bertujuan untuk meregenerasi alat militernya yang telah menua.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar