Kamis, 31 Januari 2013

SPR-550 ANTI-MATERIAL AND ANTI-PERSONIL MADE IN INDONESIA

Senapan Kaliber-50, Anti Materiel – Anti Personel

Nama : SPR-550
Asal : Indonesia
Amunisi : 12,7mm X 99mm (50 BMG)
Sistem operasi : Rotating Bolt Action - Manual
Isi magasin : 5 butir peluru

Jihad-Defence-Indonesia - BANDUNG : SPR-550, dengan desain minimalis & fungsional merupakan senjata laras panjang portable bullpup kaliber-50 dengan konsep perpaduan antara teknologi digital dengan mekanisme konvensional


(1). Teleskop Digital DT-550 :

DT-550 merupakan teleskop bawaan orisinil SPR-550,
Seperti halnya binokuler digital, DT-550 merupakan teleskop dengan penerapan rekayasa teknologi optik & digital bertenaga baterai, hanya saja pada DT-550 ini juga tertanam mikroprosesor dengan software & hardware yang disesuaikan khusus untuk keperluan bidik tembak jarak jauh.


Terdapatnya unit sensor yang berada dibawah corong lensa mengarah sejajar dengan arah pandang teleskop, berfungsi sebagai pemindai objek, yang kemudian data hasil pemindaian tersebut diolah oleh mikroprosesor untuk disajikan pada operator senjata berupa fitur & opsi, seperti : estimasi paralaks & jarak objek,kepekatan cahaya,dan sebagainya.
Dengan interface sederhana, kelebihan lain teleskop ini adalah opsi kalibrasi bidik nya yang menyediakan hingga 1/4-klik, juga termasuk fitur bidik lainnya seperti pilihan tipe Crosshair,Hyper-Zoom,InfraRedVission,NightVission, dan RedDotLaserPointer, semua dalam satu unit teleskop.


Konsep penerapan teknologi digital pada desain DT-550 ini dimaksudkan untuk mensuplai penuh kebutuhan operator senjata tembak jarak jauh tanpa harus terbatas dengan dimensi kemasan teleskop yang besar.

Fitur pada DT-550 ini belum mencakup Thermal Vission dan X-Ray.
Adapun kelemahan konsep teleskop digital ini adalah kemungkinan-besar nya untuk terdeteksi radar karena adanya aktifitas transistor yang walau hanya berasal dari aktifitas mikrokomponen, oleh karena itu DT-550 ini efektif digunakan hanya pada medan tertentu.

(2). Gagang Genggam Pangku (Front Handle) :


SPR-550 ini dilengkapi dengan FrontHandle yang didesain berupa tungkai berporos yang bisa dilipat & melekat pada bagian bawah shroud senjata.
FrontHandle ini dapat diaktifkan ataupun dilipat dengan pengokohnya berupa pin sebagai pengunci posisi pilihan, tergantung keperluan & kenyamanan operator dalam mengoperasikan senjatanya.



(3). Monopod :

Pada bagian popor SPR-550 ini terdapat penyangga tunggal (Monopod) berbahan dasar logam ringan & kuat, yang berfungsi menopang bagian belakang senjata. Difungsikan sesuai keperluan operator, biasanya apabila operator dalam posisi tembak runduk, ataupun hanya berfungsi sebagai penyangga apabila senjata sedang display.

(4). Bipod :


Selayaknya sepucuk senjata tembak jarak jauh, maka SPR-550 pun terlengkapi dengan Bipod ber-setelan ketinggian. Bipod pada SPR-550 ini juga berbahan dasar logam ringan & kuat.

Secara keseluruhan, material SPR-550 didominasi logam ringan & kuat, kecuali pada bagian-bagian primer tertentu mengingat SPR-550 ini mengusung amunisi kaliber-50 yang memiliki daya ledak yang cukup besar.


Konsep desain minimalis-fungsional serta penerapan material logam ringan & kuat tersebut berdampak pada penyusutan bobot senjata. 

Sumber Referensi : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar