Minggu, 27 Januari 2013

BNPB, BPPT DAN TNI-AU MODIFIKASI CUACA DENGAN HERCULES C-130

BPNB, BPPT dan TNI Angkatan Udara Modifikasi Cuaca  Dengan Hercules C-130


Jihad-Defence-Indonesia - LANUD HALIM PERDANAKUSUMA : Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Penerapan Teknologi (BPPT)  dan TNI Angkatan Udara,  melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC)   di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan Hercules C-130 dari Skadron Udara 31, Sabtu (26/1) di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pembukaan acara tersebut dihadiri  Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto ,  Asops Kasau Marsda TNI Bagus Purihito dan pejabat lainnya. 
  Tanggal 27 Januari diperkirakan akan muncul pasang surut air laut dan curah hujan tinggi sehingga berpotensi banjir di Jakarta. Untuk mengurangi risiko itu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mempersiapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). TMC untuk mengurangi curah hujan itu akan dilakukan besok, Sabtu (26/1) dengan posko utamanya di Lanud Halim. 
Lebih lanjut  ketua pelaksana rekayasa cuaca Dr Tri Handoko Seto, M.Sc.,  mengatakan terdapat 2 (dua) metode yang akan digunakan BPPT yakni yang pertama “mempercepat proses awan  menjadi  terhadap awan-awan yang sedang tumbuh di daerah upwind  yang bergerak memasuki Daerah Aliran Sugai (DAS)  dan kedua mengganggu proses pertumbuhan awan di dalam DAS yang bergerak meninggalkan DAS agar awan tidak menjadi hujan di dalam DAS”  ujar kepada media pada saat brifing di posko Banjir Lanud Halim.  
 “Lanud Halim sebagai pelaksana operasional  siap melaksanakan tugas dan membantu apapun yang bisa”  ujar Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI A. Asep Adang Supriyadi,S.E., saat menyaksikan loading 4 (empat)  ton garam di  Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma. “Pesawat yang digunakan dalam kondisi siap dan baru selesai dimodifikasi khusus untuk  rekayasa cuaca. Awak pesawatnya sudah  professional”  tegasnya. Mudah-mudahan selama pelaksanakan rekayasa cuaca ini dapat berjalan dengan aman dan lancar karena kita berkerja dan berbuat untuk kepentingan masyarakat, Negara, dan bangsa. 
Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ini berjuan Tujuannya mengurangi hujan sehingga banjir dapat diredam. Ada dua upaya yang dilakukankan yaitu menghambat pertumbuhan awan, dan menjatuhkkan hujan di luar daerah rawan banjir.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar