Kamis, 03 Januari 2013

HELIKOPTER EC-725 TUDM AKAN DI TEMPATKAN DI KUANTAN DAN SABAH

EC-725 Angkatan Udara Diraja Malaysia (photo: Eurocopter)



Eurocopter EC725 terbaik ganti Nuri

Jihad-Defence-Indonesia - Kuala Lumpur : Sultan Pahang, Sultan Ahmad Shah (kanan) berkenan mendengar penjelasan dari Pegawai Memerintah No. 10 Skuadron Angkatan Udara Diraja Malaysia (TUDM), Lt. Kolonel Mohd. Kahar Mohd. Kassim ketika melihat pesawat Eurocopter EC-725 yang baru dimiliki oleh tim itu.
Angkatan Udara Diraja Malaysia (TUDM) kini giat melakukan transformasi dalam upaya memenuhi misi pasukan keamanan itu untuk menjadi 'kekuasaan yang dominan'.

Dalam kata lain, TUDM harus menguasai angkasa untuk memungkinkannya melaksanakan operasi dan misinya dengan efektif.

Oleh sebab itu, manajemen TUDM selalu membuat perencanaan rapi untuk memastikan mereka berada di jalur tepat untuk memacu tim tersebut menjadi sebuah angkatan yang kredibel.

Pengadaan pesawat modern dan berteknologi tinggi seperti Eurocopter EC725 adalah bagian dari perencanaan yang telah diatur untuk memastikan TUDM berupaya melaksanakan perannya dengan efektif.

EC725 juga dilihat sebagai helikopter terbaik diperoleh TUDM untuk menggantikan sepenuhnya layanan 28 unit Sikorsky S61A-4 Nuri yang digunakan sejak 1968 lagi.

Panglima Angkatan Udara, Jenderal Tan Sri Rodzali Daud berkata, EC725 merupakan helikopter yang bisa melaksanakan dua peran utama yaitu untuk fungsi taktis dan juga utilitas.

Ia mengatakan, untuk fungsi taktis, helikopter itu mampu memimpin rakyatnya melaksanakan misi mencari dan penyelamatan serta melaksanakan operasi-operasi khusus.

"Bagi fungsi utilitas, helikopter ini mampu meningkatkan kemampuan daya mobilitas udara melalui penugasan transportasi militer serta melakukan misi-misi siang dan malam dalam semua kondisi cuaca dengan lebih cepat dan aman.

"TUDM akan memastikan perolehan aset baru ini dioperasikan sebaik mungkin ke tingkat optimal sesuai dengan biaya besar yang telah ditetapkan oleh pemerintah," katanya.

Beliau berkata demikian ketika berbicara pada Dewan Pengenalan Dua Pesawat Eurocopter EC725 ke Sultan Pahang, Sultan Ahmad Shah selaku Kolonel Yang Dipertua TUDM di Pangkalan Udara Kuantan, di sini, baru-baru ini.

Rodzali mengatakan, pihaknya berterima kasih pada komitmen pemerintah menyetujui pengadaan pesawat berteknologi tinggi ini, yang akan meningkatkan kemampuan dan efektivitas operasi TUDM secara menyeluruh.

Pengadaan Pesawat

Ia mengatakan, perolehan seluruh 12 buah pesawat EC725 akan selesai menjelang 2014.

"Pada awal bulan ini, kita telah terima dua buah helikopter ini. Insya-Allah pada tahun 2013 kita akan terima sembilan lagi dan yang terakhir akan diterima pada awal tahun 2014.

"Saya yakin menjelang tahun 2015, seluruh helikopter beserta anak-anak kapal akan beroperasi penuh yaitu untuk melaksanakan setiap tugas yang diberikan," katanya.

Tentang aspek penempatan, beliau berkata, delapan Eurocopter akan ditempatkan di Pangkalan Udara Kuantan di sini dan empat lagi di Pangkalan Udara Semarang, Sabah.

Katanya, kriteria utama pemilihan kedua pangkalan udara itu didasarkan pada kepentingan strategis, area operasi serta infrastruktur yang ada.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar