Sabtu, 05 Januari 2013

JET TEMPUR JEPANG HADANG PESAWAT CHINA


Jihad-Defence-Indonesia - Tokyo : Jepang mengerahkan jet-jet tempur pada Sabtu (5/1) untuk menghadang pesawat China yang terbang dekat pulau-pulau yang jadi
pusat sengketa antara Tokyo dan Beijing.

Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang, jet-jet Jepang itu dikerahkan setelah satu pesawat maritim China berada sekitar 120 km utara Kepulauan Senkaku, yang dinamakan Diaoyu oleh China. Pesawat maritim China melintas sekitar pukul 12.00 waktu setempat (07.00 Wib, Sabtu).

"Pesawat turboprop Y-12 itu kemudian meninggalkan zona tersebut tanpa memasuki wilayah udara Jepang di kepulauan itu," ujar juru bicara itu.

Ini adalah pertama kali jet-jet tempur Jepang dikerahkan tahun ini untuk menghadang pesawat China mendekati kepulauan itu.

Sebelumnya, Jepang pernah mengirim jet-jet tempur bulan lalu setelah satu pesawat pemerintah China melanggar wilayah udaranya di kepulauan itu. Sementara kapal-kapal pemerintah telah masuk dan keluar dari perairan di sana beberapa bulan lalu.
 
Konfrontasi-konfrontasi antara kedua negara itu sering terjadi sejak Jepang menasionalisasi pulau-pulau di Laut China Timur itu pada September lalu. Satu
tindakan yang bertujuan hanya untuk menegaskan kepemilikan kepulauan yang telah menjadi wilayah Jepang itu.
 
Tetapi Beijing bereaksi dengan segera. Para pengamat mengatakan kerusuhan-kerusuhan yang meletus di seluruh China menyangkut sengketa kepulauan itu dalam beberapa pekan setelah itu, secara diam-diam didukung pemerintah.

Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar