Jumat, 25 Januari 2013

KRI BALADAU-643 DISERAH TERIMAKAN KE TNI-AL

KRI Baladau-643 Diresmikan untuk TNI AL


Jihad-Defence-Indonesia - Batam :    Menteri Pertahanan (Menhan) RI Purnomo Yusgiantoro didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., meresmikan Kapal Cepat Rudal (KCR)-40 Kapal Republik Indonesia (KRI) Baladau-643 di Dermaga  Batu Ampar, Batam, Jumat (25/1). Kapal dengan teknologi tinggi itu memiliki spesifikasi panjang 44 meter, lebar 8 meter, tinggi 3,4 meter dan sistem propulasi Fixed propeller 5 daun serta mampu berlayar dengan kecepatan 30 knot. 
KCR-40 sepenuhnya dikerjakan oleh putra-putri bangsa dan sebagian besar material kapal perang tersebut di produksi di dalam negeri. Putra-putri terbaik bangsa yang terlibat dalam proses pekerjaan KCR ini berasal dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) yang bekerja di Batam. 
Dalam amanatnya Menhan RI menyatakan bahwa, bagi TNI Angkatan Laut dengan adanya peresmian KRI Baladau-643 memiliki makna sangat penting dan strategis serta sekaligus merupakan bagian pembangunan kekuatan TNI AL menuju Kekuatan Pokok Minimum (Minimum Essential Force) yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Laut dalam mengamankan dan menjaga kedaulatan NKRI. Selain itu, pada tahun 2012 telah diserahkan dua unit kapal type KCR (KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642). 
Menurut Menhan KRI Baladau-643 ini merupakan kapal ketiga dari type Kapal Cepat Rudal yang di bangun oleh anak-anak bangsa Indonesia. Hal ini merupakan kebangkitan industri dalam negeri guna menuju kemandirian. Perhatian pemerintah saat ini sangat besar dalam mengupayakan pemberdayaan industri pertahanan nasional dalam mendukung pemenuhan Alutsista TNI. Pemerintah telah berhasil mewujudkan keinginan besar Kemhan dan TNI dalam upaya membangun industri pertahanan yang kokoh dengan telah diserahkannya Undang-undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang industri pertahanan. Undang-undang tersebut bertujuan untuk memberdayakan industri pertahanan dalam negeri, mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri sekaligus membuka lapangan kerja baru. Selain itu industri pertahanan mampu meningkatkan multiplier affect dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional. 
Sementara itu, pada kesempatan yang sama Menhan RI juga menyerahkan 1 unit Combat Boat hasil kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemhan RI dengan PT. Palindo Marine. Selain itu, pelaksanaan penandatanganan dan penyerahan Protocol of Delivery dari pihak PT. Palindo Marine Shipyard kepada Kemhan RI.
Hadir pada acara, diantaranya Kasal, Irjen Kemhan RI,  Kasum TNI,  anggota Komisi I DPR RI, Asisten Panglima TNI, segenap pejabat teras Kemhan RI, Mabes TNI dan TNI AL.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar