Senin, 06 Februari 2012

DPR Berharap Pemerintah Buka Kedubes di Palestina



Agung Kuncahya B./ Media Nusa Pradana / Jurnal Nasional
Indonesia mendukung perjuangan rakyat Palestina.



Jurnas.com | KOMISI I DPR RI meminta pemerintah khususnya Kementerian Luar Negeri untuk dapat membuka kantor Kedutaan Besar Indonesia di Palestina. Menurut Anggota Komisi I DPR RI, Almuzzamil Yusuf, pembukaan kantor Kedubes tersebut merupakan bagian dari program DPR RI dalam memberikan bantuan dan wujud dukungan nyata terhadap perjuangan bangsa Palestina. ”Kita minta ada KBRI di Palestina meski kita ketahui agak rumit karena kita tidak punya hubungan dengan Israel,” ujar Almuzzamil usai dialog menyoal Palestina di Jakarta, Rabu (25/1).

Kendati begitu wakil rakyat asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini optimistis, upaya pembukaan kantor Kedubes Indonesia akan membuahkan hasil. Mengingat kata Almuzzamil, sejumlah negara berhasil membuka kantor Kedubes di Ramallah, Palestina meski tidak mempunyai hubungan dengan Israel. ”Karena itu sampai saat ini masih dibahas oleh Kemlu RI tentang pembukaan Kantor Kedubes Indonesia di Palestina ini,” katanya.

Almuzzammil menambahkan, DPR RI sebelumnya juga telah melakukan sejumlah aksi nyata dalam mendukung perjuangan Palestina mencapai kemerdekaanya. Diantaranya, kunjungan 22 anggota DPR ke Gaza Palestina pada Juni 2010 lalu. Menurut dia,kunjungan ini mendapat apresiasi dari media di Timur Tengah. ”Karena dari semua delegasi yang pernah masuk ke Gaza, kita merupakan delegasi terlengkap,” katanya.

Selain itu terangnya lagi, DPR RI juga telah menyumbang uang sebesar hampir US$2 juta. Uang ini berasal dari sumbangan lintas partai di DPR. ”Sumbangan ini diberikan tidak pandang partai. Meski akhirnya sumbangan uang tidak bisa diberikan langsung dan harus melalui mekanisme government to government,” katanya


Sumber : jurnas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar