Senin, 06 Februari 2012

TNI AL DAPAT TAMBAHAN ALUTSISTA BARU

KARIMUN-(IDB) :Pangkalan TNI AL Tg. Balai Karimun merupakan satuan kerja dibawah Komando Pembinaan Pangkalan Utama TNI AL IV Tanjung Pinang yang letaknya sangat strategis karena berada dijalur perairan Selat Malaka. 

Wilayah kerja Lanal Tg. Balai Karimun yang berbatasan langsung dengan dua negara yaitu Malaysia dan Singapura menyimpan berbagai macam potensi ancaman dan permasalahan yang sangat kompleks misalnya gangguan keamanan laut, perompakan, penyelundupan, illegal fishing,illegal loging, illegal mining, peredaran narkoba dan pelanggaran wilayah perbatasan. 

 Salah satu tugas pokok Pangkalan TNI AL Tg. Balai Karimun antara lain melaksanakan patroli keamanan laut dalam rangka menjamin terwujudnya situasi kondusif diperairan wilayah kerja Lanal Tg. Balai Karimun dan untuk mengoptimalkan  tugas tersebut Lanal Tg. Balai Karimun telah mendapat dukungan Alat Utama Sistim Persenjataa baru (Alusista) satu unit Speed Boat Sea Rider (type X2K RIB) dari PT. Lundin Industry Invest (PMA) alamat Jl. Lundin No. 1 Sukowidi Banyuwangi, Jawa Timur.
Guna menguji kemampuan Alutsista tersebut baru-baru ini Palaksa Lanal Tg. Balai Karimun Mayor Laut (P) Agustinus Djoko P bersama para pengawak Sea Riders melaksanakan uji coba pengoperasian  Sea Rider di Perairan Selat Durian Karimun.
Kegiatan uji coba tersebut dilaksanakan dengan mengelilingi Perairan Selat Durian selama sekitar  satu setengah jam dengan tingkat kecepatan dari rendah sampai kecepatan maksimal. Keunggulan Sea Rider adalah memiliki kecepatan dan kelincahan untuk mendekati sasaran, sehingga sangat cocok digunakan untuk mendukung kegiatan patroli dalam rangka mengeliminir berbagai aksi kejahatan di Laut. (Lanal TBK)
Spesifikasi Speed Boat Sea Rider :
Type : Speed Boat (X2K RIB)
Panjang : 11.2 meter
Lebar : 2.9 meter
Draft : 0.70 meter
Kontruksi : GRP Fiberglass
Permesinan : Outboard (suzuki DF 250 PK / 2 unit)
Kecepatan Maksimal : 45 Knot
Tahun Pembuatan : 2010
Sumber: TNI AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar