Senin, 06 Februari 2012

Kemhan Jamin Tak Ada Penyimpangan Anggaran


Wahyu Wening / Jurnal Nasional
Dapat diakses secara terbuka oleh publik.





Jurnas.com | KEMENTERIAN Pertahanan menyatakan pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) telah dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Sekjen Kemhan Marsdya Eris Herryanto menjamin tidak ada penyimpangan penggunaan anggaran dalam pengadaan alutsista yang ditangani oleh Kemhan.

"Sudah kami jalankan sesuai aturan yang berlaku, dan selama ini tidak ada masalah," kata Eris Herryanto di Jakarta, Jumat (3/2). Pengadaan alutsista yang dilakukan Kemhan telah diketahui oleh publik secara rinci. Namun begitu, dia mengakui ada beberapa hal yang tidak dapat disampaikan kepada publik karena menyangkut pertahanan negara dan bersifat rahasia negara. 

"Saya kira publik sudah tahu, termasuk anggota DPR mulai tender, prosesnya, sudah kami laksanakan dan publik tahu," ujar Eris. Ia menuturkan, informasi pengadaan alutsista yang berkaitan dengan anggaran dapat diakses secara terbuka oleh publik.

Untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran alutsita, lanjut Eris, Kemhan siap diperiksa BPK maupun KPK. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin, Kamis (2/2), menginstruksikan agar pengadaan alutsista dilakukan dengan benar.

Pengadaan alutsista dalam rangka memenuhi minimum essential forces (MEF) yang saat ini menjadi program pemerintah harus dilakukan secara transparan dan akuntabel. Presiden memerintahkan agar jangan ada mark up sehingga terjadi penggelembungan dana yang merugikan negara.


Sumber : jurnas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar